Parenting

Malea Emma: Prestasi Mendunia Gadis Cilik Asal Indonesia

By  | 

Gadis cilik berusia 7 tahun berdarah Indonesia, Malea Emma tengah menjadi perbincangan hangat publik dunia karena penampilannya sebagai penyanyi pembuka di pertandingan Liga Amerika Serikat antara LA Galaxy dan Seattle Sounders, pada bulan September 2018. 

Ia menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat, “The Star Spangled Banner”, dan seketika membuat stadion riuh ketika penonton mendengar suara soprannya. Tidak hanya itu, penampilan Emma sebagai Molly dalam musikal “Annie” di panggung bergengsi Hollywood Bowl, LA, Amerika Serikat juga menuai pujian. 

Smart Mama berkesempatan ngobrol dengan Sang Papa, Arman Tjandrawidjaja dan mengenal Emma lebih jauh. Ia adalah anak kedua dari pasangan Arman & Esther (Asal Surabaya, Jawa Timur) yang lahir di Amerika Serikat. Bersama orang tua, Sang Kakak, Mark Andrew Tjandrawidjaja (12) pindah ke Amerika Serikat sejak berusia 2 tahun. Dalam keseharian, keluarga Tjandrawidjaja berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, dan tetap mengenalkan Indonesia sebagai tanah kelahiran keduanya. 

Bagaimana cerita perkenalan Emma dengan dunia seni peran & menyanyi, kabarnya Ia sudah terbiasa menyanyi sejak usia 2 tahun? 

Tidak ada cara khusus dalam memperkenalkan dunia seni ke Malea. Ia sudah menunjukkan kesukaannya dalam hal menyanyai sejak umur 1 tahun sebelum bisa bicara. Waktu itu dia suka pura-pura nyanyi seriosa menggunakan sisir sebagai microphone nya.
Malea Emma & family

Malea Emma & family

Apa saja aktivitas yang dilakukan pada usia tersebut untuk menstimulasi bakatnya? 
Kami dengarkan bermacam – macam lagu. Saya sering bermain piano lagu-lagu Disney lalu kami menyanyi bersama. Saat usianya mencapai 3 tahun kami daftarkan ikut les vokal.
Bagaimana prosesnya hingga Emma bisa tampil pada ajang liga sepakbola AS, apa yang orang tua lakukan untuk melatih keberanian & rasa percaya dirinya? 
LA Galaxy mengadakan kontes untuk mencari penyanyi national anthem. Saya submit saja video Malea melalui Instagram. Lalu ia terpilih jadi salah satu finalis (total 5 finalis) dan akhirnya menang setelah melewati voting di akun Instagram LA Galaxy.
Untuk melatih keberanian dan percaya diri adalah melalui latihan. Jadi sebisa mungkin, kita selalu mencari kesempatan Malea dapat menyanyi di hadapan publik.

Adakah kekhawatiran tersendiri dari pihak orang tua tentang efek popularitas yang akan dialami oleh Emma selama ini? And how to deal with?
Pastinya. Kekhawatiran pertama adalah kalau nanti anaknya jadi sombong. Jadi kami tekankan untuk terus memberi pengertian agar tetap menjadi pribadi yang rendah hati. Lalu kekhawatiran kedua adalah tentang keamanan. Kalau yang ini kami sebagai orang tua harus lebih hati – hati, untuk tidak memberikan informasi pribadi di ranah publik.
Bagaimana parenting style yang diberlakukan oleh orang tua kepada Andrew & Emma, nilai – nilai apa yang penting ditanamkan untuk proses pembentukan karakter keduanya?
Zoo parenting! Hehe… Saya pernah mempelajari gaya parenting Tiger Mom yang keras dalam membentuk anak. Juga mempelajari buku parenting berjudul “Panda Dad” yang ditulis oleh Alan Paul saling bertolak belakang.
Bagi saya sendiri, gaya parenting pada tiap anak pastilah berbeda. Intinya kita harus mencoba mencari mana yang paling tepat untuk anak kita, berdasarkan sifat mereka, situasi dan kondisi. Tidak bisa hanya 1 gaya parenting yang diterapkan. Jadi sepertinya zoo parenting lebih cocok!
Malea Emma & papa Arman

Malea Emma & papa Arman

Menjadi tiger yang tegas dan keras saat berkaitan dengan hal-hal yang prinsipil, misalnya anak suka memukul orang tua/teman, atau bicara yang tidak pantas, atau hal-hal lain yang prinsipil.Menjadi panda yang lembut dalam memberi pengertian saat berkaitan dengan hal-hal yang not a big deal…  Tapi saya tidak memberi contoh kasusnya ya, karena definisinya sangat relatif untuk para orang tua.Menjadi beruang yang protektif saat anak kita merasa takut karena dijahatin/dijahilin orang lain, dan seterusnya.
Tentang Emma & Indonesia, yang tidak kita ketahui sebelumnya..?
Malea suka membaca cerita-cerita rakyat Indonesia seperti Malin Kundang (favoritnya), Timun Mas, dll. Lalu setiap malam kami dengarkan lagu gamelan untuk pengantar tidur. Emma tahu beberapa lagu Indonesia, penyanyi Indonesia favoritnya adalah Bunga Citra Lestari. Saat kecil dulu Ia suka menyanyikan lagu “Cinta Sejati”, sempat viral di Indonesia karena BCL memberikan like dan komen positif di video tersebut, pungkas Arman Tjandrawidjaja. (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Malea Emma, Instagram)

Shares