Style

Tip Mudah Memandikan Bayi

By  | 

Memandikan bayi memang bukan perkara mudah, apalagi bagi para new mom. Karena itu, pengetahuan dan persiapan yang baik akan dapat membantu Mamas untuk dapat memandikan bayi dengan lebih mudah.

Simak step by step memandikan bayi dibawah ini.

 

Langkah-langkah Memandikan Bayi

Berikut ini adalah beberapa tips dari Smart Mama, bagaimana langkah-langkah memandikan bayi dengan aman namun tetap nyaman bagi Mama dan juga sang bayi.

  • Isi bak mandi bayi dengan air hangat dengan ketinggian sekitar 7 cm.
  • Pastikan suhu air hangat tak lebih dari 32 derajat Celcius.
  • Baringkan bayi di atas alas ganti atau handuk yang lembut, lalu buka pakaian bayi secara perlahan.
  • Saat meletakkan bayi dalam bak mandi, gunakan tangan dan lengan Anda untuk menopang kepala dan tubuh bayi. Kemudian gunakan tangan lain untuk menyangga tubuh bagian bawah. Letakkan bagian kakinya terlebih dahulu ya, Mams.
  • Pastikan satu tangan menyangga kokoh punggung dan kepala bayi saat tangan Anda yang lain membersihkan bagian tubuhnya bayi. Dan selalu jaga agar posisi kepala bayi tetap berada di atas permukaan air.
  • Saat memandikannya, awali dengan membersihkan kelopak mata, dari dalam keluar secara perlahan lalu lanjutkan dengan membersihkan hidung, telinga, dan wajah, area ketiak, belakang telinga, leher, dan bagian tubuh lainnya, lalu akhiri pada bagian kelamin.
  • Jika Mamas menggunakan sabun, tuang sedikit saja ya mams, terlalu banyak sabun justru membuat kulit bayi kering.
  • Guyur kepala dan seluruh tubuh bayi secara perlahan dengan gayung, kemudian seka dengan waslap bersih.
  • Setelah bersih, angkat bayi perlahan-lahan dan letakkan bayi di atas alas ganti atau perlak yang sudah dialasi handuk.
  • Keringkan tiap bagian tubuh secara perlahan hingga kering.
  • Selama proses memandikan bayi, mamas bisa mengajaknya berbincang atau bernyayi. Mamas juga bisa memijat bayi untuk membuat bayi makin rileks sebelum mengenakan pakaian bayi.

Salah satu kendala yang sering dialami para mama saat memandikan bayinya adalah saat mengangkatnya dari dalam bak mandi. Selain takut bayi jatuh, mamas juga harus segera mengeringkan tubuhnya agar tak kedinginan. Namun menggunakan handuk biasa, yang ada justru membuat mama lebih repot lagi saat memandikan Si Bayi dengan handuk tersampir di pundak. Namun hal itu tak akan terjadi bila mama menggunakan Clevamama Apron Bath Towel.

 

ClevaMama

 

Clevamama Apron Bath Towel

Clevamama Apron Bath Towel merupakan handuk berukuran XL, yang didesain menyerupai bentuk apron/celemek yang bisa diikatkan pada bagian leher. Dengan begitu, kedua tangan mama menjadi bebas dan aman untuk mengangkat bayi saat dimandikan.

Handuk Clevamama ini dapat membungkus seluruh badan bayi dan memiliki penutup kepala (hoodie) untuk menutup bagian kepala sehingga bayi tetap hangat setelah diangkat.dari dalam bak mandi.

Handuk ini juga terbuat dari bahan katun yang lembut untuk kulit bayi, memiliki lapisan ganda agar air dapat menyerap dengan cepat, dan bisa digunakan mulai dari newborn hingga usia 4 tahun.

Kelebihan lainnya, handuk ini juga dapat melindungi pakaian Mamas dan Papas saat proses memandikan, sehingga pakaian tidak menjadi basah terciprat air mandi.

Clevamama Apron Bath Towel ini bisa mamas dapatkan di seluruh gerai Mothercare, Suzanna baby shop, Central Department Store (Grand Indonesia) dan dan baby shop lainnya.

 

Cara Memandikan Bayi Menggunakan Clevamama Apron Bath Towel

 

Towel

 

Di Wednesday Givesaway minggu ini, Smart Mama dan Clevamama mengajak Mamas untuk sharing tips bagaimana memandikan bayi. Jawab di kolom comments ya, Mams! Mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Clevamama. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, 24 Juni 2018. Happy sharing! (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. Clevamama)

Shares