Health

Sharing Moment: Mengatasi Problem & Tantangan Menyusui

By  | 

Hi Mams, apa saja selama ini problem yang sering Anda temui saat menyusui? Dalam sebuah kesempatan, kami bertemu dengan komunitas Smart Mama dan berbincang dengan expert tentang hal ini. 

Bersama Herbana Daun Katuk, Smartmamas berkumpul dan saling bertukar pikiran tentang tantangan menyusui yang sedang dihadapi. Mulai dari puting lecet hingga kekhawatiran ASI bocor saat sedang mengandung.

20180302_155606-640x480

Risty, mamas to be yang juga tengah memiliki seorang putra mengungkapkan kekhawatirannya ketika akan menyusui bayinya saat momen melahirkan nanti, “Sementara anak saya yang pertama masih menyusu juga,” ungkapnya.

Menjawab pertanyaan ini, konselor laktasi dr. Ameetha Drupadi memberikan advice untuk mengutamakan kepentingan sang bayi dalam hal ini, jika sudah terlahir nanti. “Lalu bagaimana dengan Si Kakak? Mulai kenalkan Ia dengan gelas konsumsi air putih terutama jika sudah memasuki masa MPASI,” ujar dokter yang juga merupakan founder dari komunitas Pejuang ASI tersebut.

20180302_153453-800x600

Menurut dr. Ameetha, problem menyusui yang paling sering ditemui adalah puting lecet. Kondisi ini dapat dibantu dicegah dengan memperbaiki posisi menyusui atau latch on bayi yang tepat, yaitu memasukkan seluruh area areola ke dalam mulut bayi. Lalu mengoleskan ASI kembali pada luka ringan yang diderita, karena ASI memiliki kemampuan menyembuhkan luka tersebut secara alami.

“Posisi menyusui yang tepat akan membantu mamas menghindari problem menyusui lainnya, mulai dari produksi ASI yang kurang lancar hingga menyebabkan mastitis atau peradangan pada payudara,” tutupnya.

20180302_161358-800x600

Meanwhile, Jesslyn Rahardjo, Business Manager Herbana mengungkapkan keinginannya untuk dapat turut mendukung masa menyusui bayi melalui pemberian multivitamin yang tepat bagi breastfeeding mama, “Kandungan ekstrak daun katuk yang terdapat di dalam produk kami diformulasikan untuk membantu melancarkan produksi ASI. Cangkang tabletnya terbuat dari bahan organik sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak meninggalkan ampas.” Nah, apa saja problem menyusui yang biasanya Anda alami? Sharing pendapat melalui kolom komentar di bawah ini ya, Mams! (Nathalie Indry/KR/Photo, video: dok.Smartmama)

Shares