Health

5 Gejala Tipes Pada Anak

By  | 

Pastikan Mamas mengetahui apa saja tanda – tanda anak yang mengalami gejala tipes. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi yang terdapat dalam makanan/minuman yang tidak terjaga kebersihannya ini dapat Si Kecil sejak usia balita. 

Berikut gejala umumnya:

1. Demam tinggi (mencapai 40°C).

2. Sakit perut dan (atau) disertai dengan diare atau bahkan sembelit.

Young teenager girl alone at home childhood

3. Sakit kepala, tubuh terasa lemas dan pegal-pegal.

4. Nyeri tenggorokan, muncul lapisan berwarna putih pada bagian lidah.

5. Kehilangan nafsu makan.

Jika mamas sudah menemukan gejala – gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan rangkaian perawatan: 

1. Pengobatan medis: Pemberian antibiotik selama kurang lebih 1 – 2 minggu hingga tuntas untuk mencegah virus datang kembali.

Saline intravenous (iv) drip

2. Rawat inap: Biasanya, anak yang terkena tipes akan mendapati suhu tubuhnya meningkat hingga 40°C. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan intensif dari dokter untuk diberikan cairan nutrisi melalui infus dan pengobatan demam yang tepat.

Konsumsi makanan yang dianjurkan untuk Si Kecil dalam kondisi ini diantaranya buah & sayur, makanan bertekstur lembut/berkuah, tinggi protein, tinggi karbohidrat dan tinggi kalori, serta konsumsi banyak air mineral untuk memulihkan energi selama masa sakit. Misalnya bubur, sereal, susu, yogurt, jus buah, atau mashed potato (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares