Health

Tingkatkan Kualitas Hidup Anak Indonesia Melalui “Orange United Week”

By  | 

Kesejahteraan anak terus menjadi prioritas di Indonesia, karena turut memengaruhi kualitas serta potensi sumber daya manusia di masa mendatang. Diketahui, 84 juta anak di Indonesia, yang mewakili sepertiga populasi, masih memerlukan perhatian lebih dalam hal kesehatan dan gizi, kesejahteraan dan pendidikan, serta lingkungan tempat mereka tumbuh, mengingat hal-hal tersebut adalah faktor penting yang menentukan masa depan mereka, dan juga bangsa Indonesia.

Data Riset Kementerian Kesehatan mencatat bahwa balita Indonesia yang mengalami stunting di 2015 masih cukup besar, yaitu sebanyak 29,6%. Tingginya kasus ini membuat GlaxoSmithKline (GSK) dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik tergerak untuk turut mendukung program pemerintah Indonesia dalam melaksanakan Sustainable Development Goals (SDG), yakni Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang salah satu poin tujuannya adalah menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk di semua usia.

Para pembicara pada talkshow media conference Orange United Week yang diselenggarakan oleh GSK

Para pembicara pada talkshow media conference Orange United Week yang diselenggarakan oleh GSK

 

Kegiatan “Orange United Week

GlaxoSmithKline (GSK), perusahaan farmasi dan kesehatan berbasis penelitian terkemuka di dunia bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra kerja Save the Children di Indonesia sebagai mitra nirlaba GSK di tingkat global menggelar program employee volunteering (kerja sukarela bersama karyawan) bertema “Orange United Week”. Pada hari Selasa, 19 Desember lalu, bertempat di Sekolah Dasar Negeri Kampung Melayu 01, salah satu dari rangkaian kegiatan dalam program Orange United Week dilaksanakan dengan melibatkan puluhan siswa dan tim relawan GSK Indonesia melalui ragam aktivitas edukatif dan interaktif yang bertujuan mendukung kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan siswa.

Program employee volunteering ini merupakan perpanjangan dari program employee volunteering GSK yang bernama “Orange Day”. Orange Day adalah satu hari kerja yang merupakan hak karyawan GSK untuk melakukan kerja sukarela tanpa dipotong cuti. Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan kepada karyawan GSK di seluruh dunia untuk melakukan aktivitas sosial yang bermanfaat bagi masyarakat agar mereka dapat berbuat lebih banyak, merasa lebih baik, dan hidup lebih lama (do more, feel better, live longer), sejalan dengan misi GSK. Sejak pertama kali Orange Day diperingati di Indonesia tahun 2009, GSK Indonesia telah banyak melakukan berbagai kegiatan sukarela dengan berbagai komunitas setempat sebagai wujud komitmen perusahaan untuk membantu masyarakat sekitar menjadi lebih baik.

Siswa-siswi SDN Kampung Melayu 01 Pagi melakukan sikat gigi bersama dalam Orange Day

Siswa-siswi SDN Kampung Melayu 01 Pagi melakukan sikat gigi bersama dalam Orange Day

 

Omar Luqmaan Harris selaku General Manager of GSK Pharmaceutical mengatakan, “Tahun ini, kegiatan Orange Day menjadi bagian dari Orange United Week, program global GSK yang lain yang merupakan bagian dari kerjasama antara GSK dengan mitra nirlaba global kami Save the Children. Maka dari itu, tahun ini kami berfokus pada peningkatan kesejahteraan dan kesehatan anak, sejalan dengan program-program yang menjadi kerjasama antara kami dengan Save the Children.”

“Dengan waktu pelaksanaan yang lebih panjang, yaitu seminggu penuh, maka lebih banyak karyawan GSK berkesempatan untuk berkontribusi secara sukarela, serta lebih banyak jenis kegiatan sosial bagi anak yang dapat kami selenggarakan,” lanjut Omar.

Mr. Omar Luqmaan Harris - General Manager GSK Pharmaceutical Indonesia dan Prelia Moenandar mengunjungi Kelas Inspirasi di acara Orange Day

Mr. Omar Luqmaan Harris – General Manager GSK Pharmaceutical Indonesia dan Prelia Moenandar mengunjungi Kelas Inspirasi di acara Orange Day

 

Dalam pelaksanaan Orange United Week, GSK Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik dalam memilih target penerima manfaat, penyusunan program, hingga pada tahapan eksekusi agar progam ini dapat berjalan lancar dan tepat guna. Adapun kegiatan tersebut mencakup kegiatan sukarela ke sejumlah yayasan yatim piatu, serta kunjungan ke sekolah-sekolah di area Jakarta untuk mengadakan aktivitas pengembangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) seperti renovasi dan penyediaan perlengkapan UKS, kelas inspirasi, dan kelas Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ke siswa sekolah.

 

Kegiatan renovasi UKS

Kegiatan renovasi UKS

 

Selain memperbaiki sarana kesehatan, kunjungan program Orange United Week ke sekolah-sekolah juga bertujuan agar PHBS dapat terus diterapkan ke depannya sehingga status kesehatan anak-anak dapat meningkat dan kebiasaan untuk menjaga kesehatan dapat terus terlaksana. Pada akhirnya, generasi penerus bangsa pun menjadi lebih berkualitas karena status kesehatan yang lebih baik. Dalam program ini, selain melakukan kegiatan sukarela, para karyawan relawan GSK Indonesia pun turut mengumpulkan dana sebagai bentuk dukungan. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com, Doc. GSK)

Shares