Mind

Cerita Hari Ibu : Najelaa Shihab, Agni Pratistha, Ria Miranda

By  | 

Yes, menjadi ibu bukanlah sebuah pekerjaan ringan. Keberhasilan seorang anak pun terletak dari cara seorang ibu dalam mengasuh. Berikut, penuturan 3 mama, Agni Pratista, Ria Miranda, dan Najelaa Shihab tentang pola asuh yang mereka terapkan.

Agni pratista
Miss Indonesia 2006
Ibu dari Rudra Arka Monoarfa, 3,5, dan Bhaga Soma Monoarfa, 6 bulan

Apa arti hari ibu buat Agni?
Buat saya seorang ibu adalah ‘core‘ di dalam rumah. Apa yg kita lakukan, pasti akan diikuti oleh anak-anak. Jadi, buat saya seorang ibu harus bahagia, dan tidak boleh stres. Anak yang bahagia, pasti karena ibunya bahagia.

IMG_0900

Pola asuh seperti apa yang diterapkan di rumah?
Saya mengadopsi beberapa pola asuh dari orang tua, salah satunya, belajar mandiri. Ya,dulu kami terbiasa tidak mengandalkan fasilitas dari orang tua. Jadi, kalau masih bisa jalan kaki untuk pergi ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh, buat apa harus menggunakan mobil. Ya, kami di didik untuk tidak manja!

Apa yang Agni lakukan saat rasa lelah mengasuh anak mulai melanda?
Saya biasanya langsung mencari waktu untuk bisa ‘curhat’ dengan sahabat. Mulai dari cerita hal-hal sepele seperti, capeknya begadang saat anak sakit, atau cerita-cerita seru seputar ibu dan anak. Cukup dengan sedikit waktu, bisa membuat saya kembali semangat dan happy mengurus anak-anak.

 

 

Ria Miranda
Fashion Designer
Ibu dari Askana Katyaluna Rosadi, 5, dan Aysaluna Kinara Rosadi, 2

Apa arti Hari Ibu buat Ria Miranda?
Saya merasa harus lebih banyak belajar lagi. Dan, menjadi ibu tidak hanya untuk anak-anak saya, tapi juga anak-anak lain di luar sana.

Bagaimana cara Ria melakukan quality time dengan anak-anak, mengingat jadwal fashion show yang begitu padat?
Saya selalu memiliki waktu setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mengantar dan menjemput Katya di sekolah. Ini adalah momen yang paling berharga buat saya. Saya juga berusaha untuk selalu meluangkan waktu bermain sama anak-anak di rumah. Melihat wajah bahagia mereka, adalah salah satu support system, terutama saat saya sedang berada di luar kota.

IMG_0901

Pola asuh seperti apa yang Ria terapkan untuk anak-anak?
Saya mengadopsi beberapa pola asuh dari mama. Antara lain, belajar saling memaafkan kepada sesama, tidak boleh membentak, juga saling mengalah. Ini semua nantinya akan saya terapkan pada anak-anak.

 

Najelaa Shihab

Penggiat Pendidikan, Pendiri Sekolah Cikal

Ibu dari 3 orang anak

Apa arti Hari Ibu buat Najelaa?
Di hari ibu, tak hanya Pada ibu yang masih harus banyak belajar, tetapi juga para ayah. Ya, orang tua harus banyak belajar bagaimana mengelola emosi kepada anak, agar pendidikan yang berkualitas dapat terpenuhi. Biasanya, saat emosi manusia cenderung bertindak secara impulsif dan tidak memikirkan dampak dari tindakannya. Begitu seseorang marah maka tindakannya bisa tidak terkontrol.

Pola asuh seperti apa yang diterapkan di rumah?
Orang tua saya mendidik saya dengan lemah lembut. Beliau tidak pernah memarahi atau membentak sedikitpun. Hal pertama yang perlu menjadi perhatian para orang tua adalah, dilarang menggunakan hukuman fisik. Hukuman fisik bisa memberi banyak dampak buruk bagi anak.

Arti Parenting buat Najelaa?
Parenting is fun, plays are powerful moments, miliki interaksi yang hangat dan sense of humor yang tinggi, karena setiap hubungan tidak hanya butuh kedekatan dan keintiman, namun juga butuh keseruan. Dan, Loving the worst of them, unconditionally :Menerima tanpa syarat. Tetaplah menjadi orangtua yang berbahagia, tak hanya ketika anak mampu memenuhi syarat dari kita, namun juga ketika anak kalah dan salah. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares