Health

Alat Kontrasepsi Tak Hanya Sebagai Pencegah Kehamilan

By  | 

Alat kontrasepsi tak hanya sebatas berguna unuk mencegah kehamilan lho mams, ada beberapa hal lain yang diharapkan dapat membantu kita dan para wanita lainnya.

 

Family Planning 2020

Organisasi Nirlaba Family Planning 2020, beberapa waktu lalu melakukan konferensi pers dan telebriefing ke sejumlah media dunia mengenai penggunaan alat kontrasepsi modern di negara-negara berkembang maupun negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Langkah ini dilakukan guna menekan laju pertumbuhan penduduk. Dan Indonesia sendiri termasuk dalam salah satu negara Asia yang terdaftar dan menjadi peserta di dalam FP2020 sejak 2012 lalu. Selain indonesia, negara asia lainnya yang turut bergabung program ini adalah Bangladesh, India, Myanmar, Pakistan, dan Vietnam.

Family Planning 2020 (FP2020) adalah sebuah kemitraan global yang mendukung hak perempuan dan anak perempuan untuk memutuskan secara bebas, dan untuk diri mereka sendiri, apakah, kapan, dan berapa banyak anak yang mereka inginkan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2012 lalu, kegiatan FP2020 mendapat perhatian besar dari negara-negara maju, didukung bantuan finasial oleh lembaga pemerintah dan non profit dari sejumlah negara seperti Amerika, Inggris, dan Belanda. Program Family Planning ini pun setiap tahunnya akan mempublikasikan laporan tahunan dari 69 negara peserta yang bekerja sama dengan agen dan media di dunia, dimana harapannya program FP2020 ini mampu terealisasi dengan lebih baik setiap tahunnya

 

Laporan Tahunan

Dalam laporan tahunan yang diselenggarakan FP2020, disebutkan adanya peningkatan yang cukup baik dalam penggunaan alat kontrasepsi sejak Juli 2016 hingga Juli 2017. Keberhasilan alat kontrasepsi moderen berhasil menekan beberapa hal yang menjadi perhatian pemerintah lokal dan juga lembaga besar seperti WHO, yakni:

  1. Mencegah kehamilan yang tidak diinginkan sebanyak 84 juta kehamilan di dunia
  2. Mencegah terjadinya aborsi yang membahayakan nyawa sebanyak 26 juta jiwa di dunia
  3. Mengurangi angka kematian ibu sebanyak 125.000 di dunia

Jadi program penggunaan alat kontrasepsi ini tak hanya bertujuan untuk mencegah kehamilan ya mams, namun juga untuk mencegah aborsi dan juga menekan angka kematian ibu yang berkaitan dengan kesehatan kehamilan dan persalinan.

 

contraception

 

Faktor Penghalang Program Family Planning 2020

Data PMA2020 RI 2015 mengungkapkan bahwa para perempuan mengalami keterbatasan informasi yang tepat sasaran tentang penggunaan alat kontrasepsi yang baik dan tepat untuk keluarga. Hal tersebut membuat para pasangan suami-istri tidak memiliki banyak pilihan dalam menggunakan alat kontrasepsi yang aman dan nyaman untuk mereka.

Walaupun Indonesia dan India memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, namun teryata data menunjukkan bahwa sudah banyak wanita usia produktif di kedua negara ini menyadari pentingnya penggunaan alat kontrasepsi untuk kesejahteraan keluarga yang lebih baik.

Sementara di Benua Afrika, program ini belum sepenuhnya berhasil karena ada banyak faktor penyebab, angka kemiskinan yang cukup tinggi, hingga tradisi dan budaya merupakan beberapa pencetusnya.

Padahal, program keluarga berencana ini selain untuk menekan beberapa kejadian di atas, pada dasarnya digerakkan dalam rangka meningkatkan peran dan hak wanita dalam bermasyarakat serta kondisi kesehatan yang jauh lebih baik.

Ada banyak kasus di 69 negara peserta FP2020 yang melibatkan kesejahteraan perempuan muda dan paruh baya. Karena masih banyak perempuan usia produktif yang kehilangan banyak haknya setelah memutuskan untuk memiliki pasangan hidup dan anak-anak.

 

Program Family Planning 2020 di Indonesia

Di Indonesia, FP2020 menjadi bagian dari program kerja lembaga non profit pemerintah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan lembaga di bawah PBB, UNFPA yang juga memiliki kantor perwakilan Indonesia.

Data riset mengungkapkan bahwa alat kontrasepsi yang umum digunakan di Indonesia sendiri adalah injeksi (suntikan), pil kontrasepsi, kondom pada pria, dan IUD. Pemilihan kontrasepsi injeksi pada wanita merupakan pilihan pasangan usia produktif terbesar di Indonesia.

Jadi, kembali lagi ke awal ya mams, bahwa pengetahuan mengenai kontrasepsi, termasuk apa yang cocok bagi kita, sangatlah penting. Dan peran alat kontrasepsi sendiri tak hanya  sebatas sebagai pencegah kehamilan, namun juga masih banyak keuntungan positif lain yang bisa kita dapatkan dari situ. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares