Finance

Financial Tips for Millenial Parents

By  | 

Hi There, Mamas! Jika Anda adalah seorang millenial parents yang sedang menanti kehadiran seorang bayi atau sudah memiliki anak, berikut panduan untuk memenuhi segala kebutuhan finansial di masa depan. 

Elegant woman walking outdoors and looking back

Dari online survey yang dilakukan ole Smart Mama, 3 dari 5 millenial parents mengaku sering menghabiskan budget harian untuk konsumsi kopi atau makanan yang diinginkan & cenderung merupakan keinginan mendadak. Do you feel the same? Yuk, lakukan 5 hal berikut untuk perencanaan keuangan yang lebih teratur:

1. Rebudgeting. Penting dilakukan, terutama untuk mamas yang secara teratur selalu menyisihkan budget tertentu untuk membeli sesuatu, misalnya kopi, lunch, atau snacks. Menyisihkan anggaran khusus untuk pengeluaran ini akan membantu mengatur seluruh keuangan keluarga tanpa mengambil dana dari budget lain.

2. Tabungan harian. Langkah kecil dengan pecahan uang kecil akan membantu mamas untuk memiliki tabungan di setiap akhir bulan untuk disetor ke Bank & menjadi tabungan keluarga yang dapat digunakan untuk dana darurat. Mulai dengan satuan kecil, misalnya Rp 20.000 setiap hari. (Baca juga: Mengapa Para Mama Harus Menabung Lebih Banyak?)

Woman Dropping Coins Into Glass Jar

3. Bayar tagihan otomatis. Millenial parents identik sagat ramah dengan teknologi. Minta bantuan pihak Bank untuk mengganti sistem pembayaran tagihan (Kartu kredit atau tagihan lain) secara online dan autodebet sehingga sisa pendapatan bulanan dapat terhitung dengan pasti.

4. Belanja asuransi. As soon as possible. Segera setelah Anda memiliki seorang bayi, jaminan keselamatan & kesehatan menjadi sangat penting untuk dimiliki selain asuransi pendidikan untuk Si Kecil untuk mengimbagi kenaikan biaya pendidikan di masa depan. (Baca juga: Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan).

5. Tetapkan tujuan finansial keluarga. Apa sih tujuan finansial Anda selama 5 tahun ke depan? Apakah biaya pendidikan anak, kesehatan anggota keluarga, atau kepemilikan rumah dan kendaraan bermotor. Mengidentifikasi tujuan ini akan membantu konsentrasi tabungan, serta budgeting yang dilakukan. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares