Parenting

Smart Mama Story: Baby Selebgram ‘Moonella’

By  | 

Di tengah maraknya pembuatan akun anak di social media belakangan ini, mama dari baby selebgram Moonella Sunshine Jo atau yang akrab disapa Moonella (3), Merry Inggraiany berbagi cerita seputar langkahnya untuk menjaga Si Kecil tetap ‘aman’ di dunia online & tip seputar parenting.

Moonella saat hadir di acara peluncuran buku "Hello Moonella"

Moonella saat hadir di acara peluncuran buku “Hello Moonella”

Ditemui dalam cara peluncuran buku parenting & activity “Hello Moonella” di kawasan Jakarta Selatan (5/10/2017), Mama Merry mengungkapkan ide awal dirinya menulis buku tersebut, “Semua berawal dari diary digital atau Instagram yang kami dedikasikan untuk mengabadikan segala momen perkembangan Moonella. Banyak sekali followers yang bertanya, bagaimana Moonella bisa sangat percaya diri di depan kamera dan terlihat penurut sekali. Akhirnya kami putuskan untuk menuliskan berbagai tip parenting, cerita keseharian Moonella dan beberapa aktivitas yang bisa dikerjakan oleh anak – anak seusianya dengan ilustrasi yang menghibur,” ujarnya.

How can you protect your child online?

Berikut tip dari Merry selama mengelola akun Instagram @babymoonella dengan lebih dari 864.000 followers:

1. Pemilihan foto yang akan di upload. Usahakan untuk tetap sopan dalam ‘menampilkan’ Si Kecil via sosial media. Mulai dari pose, pakaian, hingga tutur kata yang dituliskan dalam setiap caption.

Aktivitas Moonella & adiknya, Marsson

Aktivitas Moonella & adiknya, Marsson

2. Tidak berbagi informasi detail. Misalnya, lokasi keberadaan/sekolahnya. “Kami menghindari pemberian informasi yang terlalu banyak, hanya fokus pada tumbuh kembang Moonella saja,” tambahnya.

3. Tingkatkan pendampingan di dunia nyata. Dampingi selalu Si Kecil dimanapun ia berada. Setelah dikenal banyak orang, biasanya Si Kecil akan lebih sering untuk disapa atau diajak bicara. Saat itu, perhatikan dengan siapa ia berkomunikasi; berikan eye contact sekaligus penekanan bahwa Anda selalu melindunginya.

Mama merry & Moonella

Mama merry & Moonella

Parenting style

Di dunia maya, Moonella dikenal sebagai anak dengan karakter ceria dan ekspresif, peduli terhadap sesama, dan penurut. Menurut Merry, selama ini banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh para mama melalui DM menanyakan tentang hal tersebut.

“Kami sebetulnya termasuk orangtua yang easy going. Namun memang kami cenderung tegas, ya. Menekankan bahwa kalau Moonella salah ya salah, tidak perlu dibela karena kasihan atau tidak sampai hati. Selain itu, kami juga kompak tidak mencampuri keputusan masing – masing terutama saat Ia sedang berhadapan dengan Monella. Kalau soal PD dan ekspresifnya sih, itu karena kebiasaan.. Sejak kecil kami sudah biasakan Moonella bersosialisasi dan diabadikan kegiatannya via kamera dan video jadi dia selalu happy saat berhadapan dengan kamera,” tutupnya.

Mengatasi tantrum/rewel

Tentu saja Moonella bukan anak yang sempurna. Jika sudah tantrum, mama Merry berbagi tip kepada mamas untuk tetap tenang dan menggunakan tone suara rendah untuk berkomunikasi kepada Si Kecil, “Saat menangis, jangan dipaksa berbicara. Tanyakan alasannya berbuat demikian (tantrum) saat sudah sedikit tenang dengan nada suara yang tetap rendah. Lalu beri perhatian dan pelukan.” (Nathalie Indry/KR/Photo: Instagram)

Shares