Health

Cegah Kolik dengan Cara Tepat

By  | 

Mams, pernahkah Anda menghadapi Si Kecil yang kerap menangis tanpa sebab? Bisa jadi, bayi Anda mengalami masuk angin yang membuat perutnya kembung (kolik).

Penyebab Kolik

Kolik banyak dialami oleh para bayi, dan umumnya disebabkan oleh perut yang terasa nyeri atau sakit akibat terlalu banyak menelan udara saat ia minum atau menyusu. Berbagai kondisi seperti puting kempis, penurunan gizi pada susu, hingga adanya udara di dalam botol susu, merupakan penyebabnya. Tentunya kondisi ini membuat bayi merasa sangat tidak nyaman hingga rewel dan kerap menangis.

Penggunaan botol susu sendiri kerap menjadi pilihan para mama sebagai pengganti dari payudara saat mama berhalangan atau mengalami kendala sehingga tidak dapat menyusui secara langsung. Namun sering kali terjadi keluhan saat menggunakan botol susu, seperti:

  • Masuk angin. Ini terjadi karena pada botol susu, udara dan cairan keluar lewat jalur yang sama (terdengar suara srot-srot saat minum susu).
  • Penurunan gizi dan vitamin. Hal ini terjadi karena susu teroksidasi oleh udara.
  • Bingung puting. Kondisi ini dapat disebabkan oleh perbedaan aliran dari payudara (mengalir alami) dan botol susu biasa (hanya mengalir saat dihisap).

 

WB91005-product-H

 

Solusi Pencegah Kolik

Sebagai seorang dokter anak, Dr.Craig Brown pun seringkali menghadapi keluhan dari para mama mengenai bayi mereka yang sering menangis karena masuk angin dan kolik saat minum menggunakan botol susu. Kondisi inilah yang kemudian melatarbelakangi Dr.Craig untuk melakukan penelitian. Dari penelitian ini, terciptalah botol susu yang dikenal sesuai dengan namanya, Dr. Browns.

 

SB81005-Product-H

 

Dibandingkan dengan botol susu biasa, botol susu Dr. Browns diyakini dapat memberikan pengalaman menyusui senyaman menyusui langsung dari payudara mama dan tentunya mencegah kolik. Ini semua berkat adanya internal vent system yang menyerupai pipa dalam botol susu Dr. Browns. Internal vent system ini berguna untuk memisahkan jalur udara dengan cairan. Parts internal vent system ini terdiri dari 2 bagian, yaitu vent insert yang berbahan silikon untuk mengatur jalur cairan dan udara, serta vent reservoir yang berbahan polypropylene untuk meneruskan udara kebagian bawah botol saat minum susu. Dengan begitu bayi dapat minum susu senyaman breastfeeding sekaligus mencegah terjadinya masuk angin, menjaga vitamin lebih lama dan mengurangi resiko bingung puting. Tak hanya itu, botol susu Dr Browns juga terkenal dengan natural flow-nya, dimana cairan mengalir secara natural tanpa perlu dihisap, sama seperti payudara. Sudah mencobanya, Mams? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Dr. Browns)

Shares