Health

5 Makanan untuk Detoks Tubuh

By  | 

Hi Mamas! Tahukah Anda bahwa setiap hari, tubuh kita seringkali terpapar oleh racun? Tidak hanya zat tambahan, pengawet, dan pestisida yang terdapat pada makanan, melainkan sisa metabolisme tubuh dan faktor eksternal seringkali memberikan peran terhadap timbunan toksin. Untuk itu, proses detoksifikasi – langkah menghilangkan racun dari dalam tubuh perlu dilakukan.

Sekalipun hati, kulit, dan saluran pencernaan secara terus – menerus membersihkan tubuh bagian dalam dan mengeluarkannya melalui urin, feses, dan keringat, tetapi langkah detoks melalui makanan alami berikut ini dapat membantu Anda memaksimalkan proses tersebut:

1. Lemon water. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat menangkal radikal bebas dan membantu peningkatan kinerja hati untuk menetralisir racun, mencerna lemak, hingga mengatur sirkulasi hormon tubuh. Campurkan perasan lemon dengan air hangat untuk dikonsumsi rutin setiap pagi.
2. Teh hijau. Konsumsi teh hijau secara rutin tidak hanya membantu memaksimalkan proses detoks karena kandungan antioksidannya yang bermanfaat, namun sekaligus mengontrol tingkat gula darah dan menjaga nafsu makan.

Female tourist on beach vacation with coconut
3. Air kelapa hijau. Tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak, air kelapa sangat kaya akan kandungan elektrolit, potasium dan vitamin C yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, melancarkan proses pencernaan, hingga memaksimalkan kinerja jantung.
4. Buah nanas. Organ pencernaan dapat berfungsi semakin baik dengan konsumsi buah yang mengandung enzim bromealin serta vitamin C ini, mamas. Yuk, mulai konsumsi secara teratur!
5. Yogurt. Kandungan probiotik yang hidup di saluran pencernaannya dapat membantu menghilangkan mikroorganisme berbahaya yang tertelan melalui konsumsi makanan. Agar terasa lebih enak, campurkan yogurt dengan potongan buah – buahan dan bekukan di dalam lemari es. Enjoy the frozen yogurt! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares