Health

ASI Booster dari Bahan Makanan Alami

By  | 

Hi Mams! Untuk memaksimalkan produksi ASI terutama saat harus kembali bekerja setelah cuti melahirkan, (Baca: Manajemen Stres, Kunci Keberhasilan Menyusui) beberapa langkah pendukung lain seperti olahraga dan menjaga asupan nutrisi terbukti dapat membantu memicu dilepaskannya hormon oksitosin untuk kemudian menstimulasi turunnya air susu. Hormon ini bertugas menstimulasi otot – otot di sekitar payudara untuk memeras ASI keluar dari payudara.

Mother feeding breast with nursing pillow

Adakah bahan makanan alami yang dapat membantu breastfeeding mama meningkatkan produksi air susu? Berikut informasinya.

1. Bayam
Sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin dan mineral mulai dari vitamin A, C, E, dan K, hingga asam folat. Salah satunya, enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk memproduksi ASI.

2. Labu Siam
Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan zat besi dan mudah dicerna oleh usus sehingga menghindarkan breastfeeding mama dari sembelit. Selain melancarkan proses metabolisme tubuh, labu siam dapat membantu melancarkan produksi ASI secara teratur.

Woman Eating Handful Of Almonds

3. Kacang Almond
Selain enak rasanya, kacang almond mengandung protein dalam jumlah yang cukup untuk membantu meningkatkan produksi ASI, serta penyedia kalsium bagi tubuh.

4. Jagung
Konsumsi jagung minimal 200 gram per hari yang kaya akan kandungan karbohidrat dan protein dapat membantu melancarkan produksi ASI, bahkan sejak masa kehamilan.

5. Oat
Merupakan jenis gandum kaya serat yang kaya akan zat besi dan kalsium. Oat dipercaya sejak lama bermanfaat sebagai ASI booster; tambahkan potongan buah atau kacang – kacangan untuk memaksimalkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selamat mencoba, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares