Health

Berbahayakah Cold Sore Bagi Perkembangan Janin?

By  | 

Q: Dear Smart Mama,

Saat ini usia kehamilan saya memasuki usia 25 minggu. Selama hamil, saya banyak mencari informasi mengenai kesehatan kehamilan, dan salah satu yang mengganggu saya adalah cold sore. Saya takut mengalami hal ini saat hamil, mengingat beberapa tahun lalu saya juga pernah mengalami cold sore yang dikatakan dapat kambuh lagi. Yang ingin saya tanyakan, berbahayakah cold sore ini bagi calon mama dan perkembangan janin?

Amanda, 26 tahun, hamil 25 minggu.

 

A: Dear Mama Amanda,

Cold sore merupakan sejenis herpes yang sangat menular dan dapat kambuh lagi,” terang Susan Grant, M.D., OB-GYN asal New York. Cold sore dapat muncul kapan saja, apalagi bila Anda mengalami stres dan fluktuasi hormon yang terjadi saat hamil.

A close-up of lips that have herpes on the upper lip

Anda bisa mengenali apakah Anda mengalami cold sore atau tidak dengan mengenali gejalanya. Umumnya, walaupun tak terlihat, namun Anda dapat merasakan adanya benjolan atau rasa kesemutan di bibir Anda. Cold sore ini paling menular ketika luka yang melepuh terbuka dan kulit bibir tampak kemerahan.

Tapi karena ini adalah infeksi lokal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan virus herpes juga tak akan sampai melewati plasenta. Sehingga janin Anda tetap aman.

Namun, jika Anda mengalami cold sore setelah melahirkan, jangan cium bayi Anda ya Mamas!  “Anda juga harus segera mencuci tangan Anda dengan sabun antibakteri setelah menyentuh bagian luka,” saran Grant.

Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan obat yang dapat meredakan rasa sakit namun juga aman bagi kehamilan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares