Health

Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Mama

By  | 
“Breastfeeding is the best choice for every baby.” 

Tentu saja, sudah menjadi rahasia umum bahwa ASI merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh Si Kecil sejak ia dilahirkan hingga (minimal) berusia 6 bulan. Unicef mengungkapkan bahwa aktivitas menyusui dapat mencegah lebih dari 800.000 angka kematian bayi. (Baca: Manfaat ASI untuk Bayi). Nah, bagaimana dengan Anda? Are you a breastfeeding mama?

Selain memberikan manfaat secara psikologis/bonding antara mama dengan bayi, menyusui terbukti memberikan manfaat positif bagi kesehatan Anda lho, Mams. Dr. Utami Roesli dari Indonesian Breastfeeding Center mengungkapkan bahwa ASI juga turut meningkatkan kualitas hidup para mama. “Zat kanker yang terkandung di dalam ASI dapat membunuh 40 jenis sel tumor yang berbeda pada tubuh sang mama,” ungkapnya.

Dr. Utami Roesli - Selesi

Berikut adalah manfaat menyusui bagi kesehatan kita:
1. Kandungan Alpha – lactalbumin yang terkandung dalam ASI dapat membunuh sel tumor.
2. Menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh The Lancet Breastfeeding Series 2016, risiko kanker payudara berkurang 6% pada wanita yang menyusui anaknya.
3. Menyusui mengurangi risiko diabetes hingga 24% karena menyusui dapat sekaligus membakar 300 – 500 kalori.
4. Mengurangi risiko osteoporosis dan hipertensi hingga 19% akibat penurunan lemak dalam darah secara kontinu.
5. Hormon oksitosin yang dilepaskan selama proses menyusui dapat melindungi jantung dari serangan penyakit. 

“Saat ini, 58% bayi di bawah usia 6 bulan belum mendapatkan ASI Ekslusif. Mari saling memberi dukungan kepada sesama teman dengan memberikan informasi terutama tentang keuntungan menyusui bagi bayi dan diri sendiri,” tutup Dr. Utami Roesli. So, belum terlambat bagi Anda, para mamas yang baru saja melahirkan untuk memberikan nutrisi terbaik melalui ASI. Remember, breastfeeding is not a choice, its a responsibility. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares