Mind

Rekomendasi Film Terbaru untuk Para Mama: “Lion”

By  | 

Bagaimana bila pada suatu hari, Anda dan Si Kecil terpisahkan oleh jarak dan tidak pernah bertemu kembali selama puluhan tahun sampai usianya beranjak dewasa? Sekalipun tidak dapat terbayangkan bagaimana perasaan kehilangan yang begitu besar tersebut, ternyata dalam kehidupan nyata hal ini pernah dialami oleh seorang mama yang hidup di sebuah distrik kecil di India, Kamla Munshi pada pertengahan tahun 80 an. Sang putra, Sheru Munsi Khan yang kala itu masih berusia 5 tahun mengikuti sang kakak untuk pergi mencari pekerjaan dan tidak pernah kembali ke rumah hingga 25 tahun kemudian. Kisah nyata yang pernah dibukukan dalam judul “Long Way Home” sejak tahun 2013 kini diadaptasi menjadi sebuah film drama berjudul “Lion”.


Sinopsis
Digambarkan tepat pada era tahun 1986, Saroo (Dev Patel) dan Guddu (Abhisek Bharate), dua orang kakak adik yang pergi untuk mencari pekerjaan karena hidup dalam kemiskinan kala itu harus terpisahkan oleh jarak. Suatu malam sang kakak, Guddu memintanya untuk menunggu di sebuah peron kereta karena dirinya akan menanyakan sebuah pekerjaan kepada seorang teman. Namun Guddu tak kunjung kembali. Saroo panik, membuat dirinya naik ke sebuah kereta & tanpa tersadar keesokan harinya sudah tiba di kota lain, dan dinyatakan sebagai anak terlantar setelah mengalami beberapa peristiwa yang mencekam.

Pada saat yang sama, pemerintah India membuka jalur adopsi bagi warga negara asing & Saroo diadopsi oleh sepasang¬† suami istri Sue (Nicole Kidman) & John Brierley (David Wenham) yang berasal dari Australia. Menjalani kehidupan barunya selama 25 tahun kemudian, ia bertemu dengan Lucy (Rooney Mara) – sang kekasih yang secara tidak langsung mengingatkannya pada ‘keluarga asalnya’ di India. Melalui teknologi Google Earth, Saroo kemudian melacak kembali keberadaan sang ibu. Akankah ia dapat bertemu kembali dengan keluarga kandungnya?

Saroo saat terpisah dari keluarganya

Saroo saat terpisah dari keluarganya

Saroo saat bertemu orangtua adopsi untuk pertama kalinya

Saroo saat bertemu orangtua adopsi untuk pertama kalinya

Mendapatkan nominasi penghargaan sebagai Film terbaik, aktris & aktor pendukung terbaik pada Academy Awards 2017 yang digelar pada bulan Februari lalu, “Lion” menjadi salah satu film rekomendasi Smart Mama yang wajib untuk Anda saksikan. Melalui film ini, kita akan diajak untuk mensyukuri keadaan kini. Sekalipun terkadang menjalani peran baru sebagai seorang mama tidaklah mudah, namun sudah menjadi kewajiban untuk mensyukuri segala yang kita raih ya, Mams. Keberadaan Si Kecil di tengah – tengah keluarga menjadi hal utama yang menjadi berkah bagi kita.

Scene yang menyentuh sepanjang film, terutama saat menggambarkan keseharian Saroo yang tersesat dan merindukan keluarganya akan memberi pandangan baru tentang cara berpikir seorang anak yang ingin kembali pada pelukan seorang ibu. Akting Nicole Kidman juga patut mendapatkan acungan jempol, terutama saat ia menjelaskan kondisi sebenarnya bahwa ia bukan tidak mampu melahirkan anak, namun menempuh jalur adopsi untuk memperbaiki kehidupan anak – anak yang menderita telah menjadi pilihan hidupnya. Sudahkah Anda menonton film ini? Share pendapat Anda melalui kolom komentar, ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares