Health

6 Menu Sarapan yang Ternyata Harus Dihindari

By  | 

Mams, makan pagi memang tidak boleh dilewatkan, selain memberikan energi bagi Anda untuk beraktivitas seharian penuh, sarapan juga dapat memperkecil risiko terkena penyakit kronis. Dan sarapan yang sehat juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan lho. Namun demikian, 6 menu yang kerap dipilih para mamas untuk sarapan berikut sebaiknya dihindari. Yuk simak alasannya.

1. Sereal

Morning meal, Colorful cereal with milk

Sarapan sereal memang praktis dan rasanya seperti ringan ya, Mams. Namun ternyata mayoritas sereal yang Anda temukan di supermarket mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan rendah serat juga protein. Hal ini akan menyebabkan Anda cepat merasa lapar dan cenderung ingin makan lebih banyak di siang hari. Jika Anda memang sangat menyukai menu ini, ada baiknya perhatikan kandungan serat dan protein di dalamnya. Pilih yang setidaknya mengandung 5 gram serat dan kandungan gula di bawah 10 gram.

2. Frozen Sandwich

Club sandwich on the table

Makanan yang satu ini memang mudah dijangkau dan tersedia di berbagai gerai yang dapat Anda temui sepanjang jalan menuju aktivitas. Telur dan keju merupakan salah satu alternatif menu sarapan yang dianjurkan, namun jika kedua bahan makanan tersebut terdapat di dalam frozen sandwich, maka mengandung sodium juga pengawet. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi sandwich buatan Anda sendiri.

3. Flavored Yogurt

Yogurt

Yang satu ini wajib untuk dihindari ya, Mams. Pasalnya, kandungan gula dalam flavored yogurt setara dengan cinammon roll. Ganti menu tersebut dengan yogurt tawar dan tambahan madu atau buah. Sehat dan segar.

4. Roti Panggang dan Mentega

French Toast and Butter

Meskipun Anda memilih roti gandum, namun mentega maupun margarin mengandung kadar lemak yang tinggi, serta serat sintetis yang dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda pecinta roti panggang, konsumsi roti dengan telur rebus atau telur dadar.

5. Kopi

Coffee hot cup

Untuk mengatasi rasa kantuk di pagi hari, banyak mamas memilih untuk sarapan kopi. Sebetulnya kopi hitam sangat baik untuk kesehatan Anda. Namun Anda tidak bisa mengganti makanan untuk sarapan dengan secangkir kopi. Tambahkan sepiring buah, sebutir telur rebus atau keju sebagai teman dari kopi pagi Anda.

6. Jus Kemasan

juice carton box isolated on white

Jus memang sehat, namun sama seperti sereal, jus kemasan mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Selain itu, jus juga tidak dapat menggantikan menu makanan. Oleh sebab itu, ganti jus kemasan Anda dengan jus segar tanpa gula dan kombinasikan dengan roti panggang, telur atau buah. Stay healthy, Mams! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares