Health

Aturan Makan Malam Sebelum Tidur

By  | 

Hi Mams! Setelah melahirkan, apakah kini Anda sedang berkonsentrasi untuk menurunkan berat badan? Program diet apa yang sedang dijalani dan bagaimana efeknya terhadap tubuh? Jika belum berlangsung maksimal, ada baiknya Anda mencoba untuk mengatur kembali konsumsi makanan sesaat sebelum tidur, karena secara medis dapat membantu mengurangi berat badan, lho!

1. 4 Jam Sebelum Tidur

Tubuh memerlukan waktu cerna makanan selama kurang lebih 4 jam lamanya. Usahakan pada saat tidur, lambung dalam keadaan kosong sehingga hormon pertumbuhan yang berfungsi sekaligus untuk memecah lemak dapat dilepaskan secara maksimal. Tujuannya agar proses penguraian lemak akan semakin meningkat dan tubuh dalam keadaan siap membakar lemak tersebut.

2. Menu Makan Sehat

Perhatikan kembali menu makan malam Anda, Mamas. Makan berat termasuk nasi dan sejenisnya membutuhkan waktu cerna selama 4 jam lamanya. Hal ini bisa disiasati dengan konsumsi menu sehat seperti jus buah Dan sayur yang hanya membutuhkan waktu cerna kurang lebih 2 jam dalam tubuh. Lebih cepat lambung dalam kondisi kosong, lebih cepat hormon tubuh membakar lemak.
Sad girl lying in bed

3. Alasan Kesehatan Lain
Perut yang penuh setelah konsumsi makanan dapat menekan bagian diafragma tubuh dan menyebabkan Anda kesulitan bernafas, terutama saat tidur dengan posisi telentang.

4. Minum Air Hangat
Konsumsi air hangat setelah makan dapat membantu mempercepat proses penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga proses pelepasan hormon pertumbuhan dapat berlangsung lebih cepat dan maksimal. Sudah siapkah Anda untuk mencobanya? (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares