Relationship

Inilah Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Pasangan Bahagia Setiap Harinya

By  | 

Konflik dalam rumah tangga pastilah selalu ada. Namun bukan berarti berkonflik dengan pasangan menandakan pernikahan Anda tak bahagia. Selama konflik dapat diselesaikan dengan baik, maka kebahagiaan akan menjadi ending-nya.

Lalu bagaimana agar kehidupan pernikahan selalu diselimuti dengan kebahagiaan? Dikutip dari situs Popsugar, berdasarkan survei yang dilakukan pada beberapa pasangan yang telah melewati pernikahan yang harmonis dalam kurun waktu lama, kuncinya adalah komunikasi. Yang dimaksud dengan komunikasi disini adalah saling bicara dan mendengarkan. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya dibawah ini ya, Mams!

  1. Express your needs and feelings.

Pasangan Anda tak akan bisa memahami apa yang Anda inginkan dari pernikahan yang Anda dan pasangan jalani bila Anda tak mengatakannya padanya. Jelaskan padanya dengan sejelas mungkin bagaimana perasaan Anda, apakah bahagia atau sedih, sehingga Anda dan pasangan sama-sama berada dalam perasaan yang sama. Begitupun sebaliknya ya, Mams.

  1. Be totally honest.

Ketika pertama kali Anda melakukan sebuah kebohongan, maka sejak saat itulah pernikahan Anda akan dijalani atas dasar kebohongan. Mengingat, 1 kebohongan akan mengawali kebohongan-kebohongan yang lainnya. Bila Anda tidak bisa jujur dengan pasangan Anda, maka kepada siapa lagi Anda bisa bicara jujur? Terbukalah dengan pasangan Anda untuk hubungan yang lebih dinamis. Bila ada kesalahan yang dilakukan, maka katakan sejujurnya, salah satu peran pasangan dalam pernikahan adalah untuk saling mendukung, jadi ketika ada kesalahan ataupun kesulitan terjadi, maka sudah sepatutnya sebagai pasangan, ia turut merasakan apa yang Anda rasakan dan berusaha mendampingi serta mendukung Anda mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

Tender feelings of a loving couple.

  1. Don’t just speak — make sure to listen.

Dalam sebuah pernikahan, ada 2 orang yang terlibat didalamnya. Tak hanya Anda saja yang harus bicara, namun juga sebaliknya. Dan jadilah pendengar yang baik saat ia bicara. Sesekali tunjukkan respon Anda atas apa yang ia bicarakan.

  1. Be open minded.

Ketika komunikasi terjalin, pastikan Anda tidak diselimuti dengan pikiran yang sempit dan negatif. Berpikirlah terbuka, karena ada kalanya isi pembicaraan tak hanya berisi kesenangan, melainkan juga kesedihan dan kekecewaan. Maka ketika ini terjadi, kesabaran dan keterbukaan tetap dibutuhkan.

Anda dan pasangan bisa membicarakan apa saja, dari hal-hal ringan mengenai pekerjaan, anak, dan keseharian Anda dan pasangan di hari itu. Semakin banyak Anda dan pasangan berbagi cerita, hubungan Anda dan pasangan pun akan semakin dekat dengan sendirinya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares