Mind

3 Hal yang Harus Dihindari Ketika Meminta Maaf

By  | 
Semua orang pasti pernah berbuat salah terhadap orang lain, termasuk juga Anda bukan, mams? Dan tentunya mengakui kesalahan dan meminta maaf, selain akan memperbaiki hubungan kita dengan orang tersebut, batin juga akan lebih tenang.
Namun, ketika Anda meminta maaf, lakukanlah dengan benar ya, mams. Karena, seringkali ketika seseorang meminta maaf, mereka justru kembali melakukan kesalahan, sehingga bukannya memperbaiki masalah, malahan membuat orang tersebut semakin marah.
Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika meminta maaf, menurut psikolog Harriet Lerner, PhD.
1. Jangan ada kata ‘tapi’ ketika meminta maaf.
Kata ‘tapi’ membuat Anda terkesan tidak tulus ketika meminta maaf. Bahkan, menurut Harriet, orang tersebut bisa menganggap Anda sedang mencari-cari alasan sebagai pembenaran kesalahan Anda.
2. Terlalu fokus dengan respon yang akan diberikan.
Permintaan maaf yang tulus dan sungguh-sungguh, akan memperlihatkan tanggung jawab Anda atas kesalahan yang telah dilakukan. Apapun respon orang tersebut, itu bukanlah yang terpenting. “Ketika Anda terlalu fokus dengan respon orang lain, maka Anda bisa saja dianggap hanya berpura-pura dan tak serius meminta maaf,” terang Harriet.
3. Selalu membela diri.
Ketika Anda meminta maaf, seharusnya pada saat itu Anda sudah menyadari kesalahan Anda dan bersedia bertanggung jawab atas apapun konsekuensi yang akan dihadapi. Jadi ketika respon orang tersebut dirasa memojokkan Anda, maka terimalah hal itu karena Anda memang salah.
Ketika Anda tidak bisa menerima apa yang dikatakan orang lain dan ingin membuktikan bahwa Anda tidak sepenuhnya salah, maka Anda belum siap meminta maaf, mams.
Membela diri memang sesuatu yang manusiawi dan wajar saja dilakukan setiap manusia, tetapi untuk membuat permintaan maaf Anda lebih efektif sebaiknya jangan terlalu banyak melontarkan pembelaan diri ya, Mams. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares