Mind

5 Love Books – Wajib Baca Bagi Mama

By  | 

Cinta seringkali didefinisikan sebagai bentuk perasaan dan ungkapan kasih sayang (hanya) kepada pasangan. Padahal, setelah berubah peran menjadi seorang mama, kehadiran anak – anak kini memiliki porsi yang besar dalam fokus perhatian dan rasa cinta kita. True?

5 rekomendasi buku dari Smart Mama berikut ini akan membantu Anda untuk kembali menumbuhkan perasaan cinta dan mensyukuri kehadiran keluarga, terutama anak – anak, pasangan & orangtua. Remember, love is for everyone. Begitu juga dengan reading list berikut, tidak hanya menceritakan tentang love relationship, tetapi juga cinta seorang mama kepada anaknya. 

look after mom
Please Look After Mom – Kyung – sook Shin
Novel yang populer di Korea Selatan dan diterbitkan secara internasional (termasuk terjemahan dalam bahasa Indonesia ini) menceritakan tentang kisah sebuah keluarga yang pada saat melakukan perjalanan dan tiba di Seoul, Korea Selatan harus terpisah dari sang ibu yang sedang dalam kondisi sakit dan tidak bisa membaca. Anak – anak dan suaminya kemudian menyebarkan selebaran di sekitar stasiun untuk meminta bantuan sekitar menemukan ibunya. Dalam suasana kehilangan itulah, masing – masing dari mereka merasa menyesal dan sangat bersalah karena tidak dapat merawat dan lalai pada sang ibu. Pencarian dilakukan selama 9 bulan lamanya, tetapi sang ibu tetap tidak bisa ditemukan. Pada saat yang sama setiap harinya keluarga memohon agar Tuhan melindungi ibu mereka di suatu tempat. 

the choice
The Choice – Nicholas Sparks
“Love is a wonderful thing. It makes life worthwhile. I love being in love.” 
Novel yang telah diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar dengan judul yang sama, “The Choice” ini menceritakan tentang kisah romansa Travis Parker & Gabby Holland. Hingga akhirnya mereka menikah dan memiliki 2 orang anak, pada suatu malam sang istri Gabby mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya berada dalam kondisi koma. Di saat yang sama Travis dan anak – anak terus berusaha untuk saling mendukung dan melewati hidup bersama – sama sebagai sebuah keluarga. 

Salah satu isi buku "What I Know for Sure"

Salah satu isi buku “What I Know for Sure”

What I Know for Sure – Oprah Winfrey
Buku ini berbicara tentang rasa syukur dan cinta kepada sesama melalui puluhan cerita dan quotes yang inspiratif. Oprah banyak menuliskan kisah hidup yang pernah dilalui, tidak hanya sejak memulai karir profesionalnya sebagai jurnalis, namun kisah dramatis hidup saat mengalami pelecehan seksual di usia muda. Melalui kehadiran keluarga dan sahabatlah, dirinya memiliki kekuatan untuk kembali bangkit, menghargai hidup dan mencintai dirinya sendiri.

room
Room – Emma Donoghue
Novel yang telah diadaptasi menjadi bentuk film yang dibintangi oleh aktor cilik berbakat Jacob Tremblay ini sangat menyentuh hati. Ma, tokoh sentral yang diceritakan mengalami penculikan dan penganiayaan seksual dikurung di dalam sebuah kamar hingga lebih dari 5 tahun lamanya. Ia bahkan melahirkan anak dan merawat Jack kecil di dalam kamar berukuran sempit, sebatas ruangan kecil pada umumnya. Di dalam kamar itulah Ma & Jack menjalin kedekatan batin dan komunikasi yang intens, hingga akhirnya menyusun rencana bersama untuk melarikan diri dari kamar sesak yang dikunci oleh sang penculik. Kedekatan mama dan anak yang digambarkan melalui novel ini sungguh dramatis. Kini Mamas dapat membaca versi terjemahan bahasa Indonesianya, lho.

ika natassa
Critical Eleven – Ika Natassa
Menjadi hits di kalangan pembaca dan masuk dalam jajaran best seller books sejak pertama kali diluncurkan, novel bergenre romance ini menjadi salah satu pilihan wajib untuk Anda baca. Bercerita tentang 2 tokoh utama Ale dan Anya yang dipertemukan dalam sebuah momen saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, keduanya akhirnya memutuskan untuk menikah. Namun setelah melewati 5 tahun pertama pernikahan, keduanya justru ‘dijauhkan’ oleh sebuah tragedi kehilangan bayi yang pernah dikandung Anya. Cerita pergulatan batin keduanya yang menarik ditulis dari sudut pandang orang pertama. Pernahkah mamas mengalami kisah yang sama?

Well, Valentine’s Day is about celebrating love. Yuk sediakan waktu untuk membaca dan menikmati kisah penuh cinta yang dihadirkan melalui reading list kali ini, Mams! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares