Health

5 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Biaya

By  | 

Siapa sih wanita yang tidak ingin memiliki tubuh indah dan langsing? Apalagi paska kelahiran Si Kecil, banyak mamas yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuh. Namun upaya untuk langsing kerap menbutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari berlangganan katering sehat hingga mendaftarkan diri di pusat kebugaran yang tentunya membutuhkan anggaran tersendiri. Padahal dengan kehadiran Si Kecil, tambahan anggaran keluarga sudah bertambah cukup siginifikan. Tapi jangan khawatir Mams, masih banyak kok cara mendapatkan tubuh ideal tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Simak 5 cara ampuh berikut.

1. Memasak sendiri asupan sehat. Membeli salad di sebuah restoran tentu lebih mahal daripada memasaknya sendiri. Jika Anda sibuk, maka manfaatkan weekend untuk berbelanja aneka sayuran dan makanan sehat lainnya untuk persiapan satu minggu, lalu siapkan bumbu yang Anda inginkan. Setiap harinya Anda tinggal mengolah berbagai menu tersebut secara praktis.

2. Perbanyak jalan kaki. Jika selama ini Anda kerap beraktivitas dengan membawa kendaraan, maka kini saatnya Anda mulai berpikir untuk jalan kaki jika tempat yang Anda tuju dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Tak hanya membakar kalori cukup banyak, Anda juga dapat menghemat bahan bakar.

Bathroom Scale

3. Membersihkan rumah sendiri. Yang satu ini juga layak dicoba lho, Mams. Jika selama ini Anda meminta asisten rumah tangga untuk melakukan semua pekerjaan rumah, kali ini mungkin Anda bisa mengambil alih beberapa pekerjaan rumah. Selain membakar kalori, sibuk mengerjakan pekerjaan rumah juga akan membuat pikiran Anda teralih dari makanan.

4. Mengurangi makan di luar. Beberapa smart mama mengaku sulit menahan godaan makan jika tengah berada di kafe atau restoran. Yuk coba mengurangi makan di luar rumah, jika dulu 3-4 kali dalam seminggu, Anda bisa menguranginya jadi 1-2 kali. Ajak saja teman hang out Anda untuk makan di rumah, dan sajikan aneka makanan yang rendah kalori. Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran lho.

5. Gunakan aplikasi. Kini banyak sekali aplikasi yang dapat membantu Anda mengukur kalori asupan setiap hari. Banyak juga aplikasi yang menghitung aktivitas Anda dan jumlah kalori yang Anda keluarkan. Hal ini sangat membantu Anda untuk meraih berat badan ideal yang diinginkan. Layak dicoba! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares