Health

Rhinitis pada Kehamilan

By  | 

Hidung meler, bersin-bersin, hingga hidung tersumbat, merupakan kondisi yang mungkin dialami oleh 1 dari 3 calon mama. Bila Anda termasuk yang mengalami hal ini, maka kehamilan bisa jadi merupakan alasannya. Dan kondisi ini disebut dengan pregnancy rhinitis.

Apa itu Pregnancy Rhinitis?

Pregnancy rhinitis atau rhinitis yang dialami calon mama saat ia hamil, biasanya mulai dialami oleh calon mama pada trimester pertama dan dapat meningkat menjelang akhir kehamilan. Kondisi ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon yang memengaruhi kesehatan hidung.

“Saat hamil, hormon estrogen dan progesteron dapat membuat pembuluh darah dan selaput lendir di dalam hidung Anda membengkak. Volume darah di dalam tubuh Anda juga akan lebih besar, dimana ini berguna untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda, namun juga kemudian memperbesar pembuluh darah kapiler,” terang bidan Clare Littler.

Selain itu, hormon estrogen juga merangsang produksi mucus (lendir) lebih banyak. Biasanya, saat sedang tidak hamil, kita memproduksi setidaknya 1 liter mucus, maka bisa dibayangkan berapa banyaknya mucus yang tubuh Anda hasilkan dikala hamil dengan rhinitis.

Mucus yang mengental dapat membuat Anda mengalami hidung tersumbat dan sakit kepala karena tekanan sinus. Namun pada kondisi sebaliknya, mucus yang cair membuat hidung meler dan terasa seperti ada lendir di tenggorokan Anda.

Portrait of young woman blowing nose and holding nasal spra

Cara Mengatasi 

Biasanya kita dapat dengan mudah meredakan kondisi tak mengenakkan ini dengan obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun, Anda tak dapat melakukan hal ini saat sedang hamil.

“Anda sebaiknya mengonsumsi obat yang mengandung anti inflamasi seperti ibuprofen,” saran Clare.

Jauhi pula obat jenis spray untuk mengatasi hidung tersumbat, sekalipun produk tersebut mengklaim terbuat dari bahan-bahan alami atau herbal ya, Mams to be. Karena walau terbuat dari bahan alami sekalipun, produk tersebut belum diuji secara klinis apakah aman digunakan selama kehamilan. Walau begitu, Anda masih bisa menggunakan saline nasal spray yang bisa Anda dapatkan di apotek ataupun supermarket di bagian anak. “Saline nasal spray ini aman dan efektif karena dapat mengencerkan lendir, yang berguna mengurangi gejala dan melembapkan bagian hidung yang kering.

‘Mengonsumsi parasetamol juga cukup aman bagi wanita hamil, selama Anda mengonsumsinya sesuai dosis untuk orang dewasa yang tertera pada kemasan. Dan pastikan Anda juga minum banyak air setelahnya, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Temui dokter kandungan Anda bila hidung Anda tersumbat parah, sakit kepala terus-menerus atau adanya semburat kuning, hijau atau coklat pada lendir Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares