Health

Resep Obat Flu & Demam dari Bahan Alami

By  | 

Hi Mams! Pergantian tahun biasanya diikuti dengan perubahan cuaca. Begitu juga yang kita alami akhir – akhir ini, ya? Jika Anda atau salah satu anggota keluarga di rumah sedang mengidap gejala flu, pilek/batuk dan demam, ada baiknya mengurangi konsumsi obat – obatan bebas yang jika dikonsumsi secara terus – menerus akan menyebabkan kerusakan ginjal/iritasi sistem pencernaan akibat kandungan bahan kimianya. Selain melakukan usaha pencegahan dengan rutin menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, coba konsumsi olahan bahan – bahan alami berikut untuk membantu meredakan gejalanya pada tubuh Anda.

Pumpkin soup
1. Ginseng
Kandungan ginsenosides di dalamnya dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi pilek dan flu, serta menghilangkan stres. Tidak hanya bisa dimasukkan dalam minuman, tambahkan potongan ginseng dalam olahan makanan seperti sup/bubur yang Anda konsumsi.

2. Chicken soup
Senyawa carnosine yang ditemukan dalam dada dan kaldu ayam melalui penelitian yang dimuat dalam American Journal of Therapeutics dinyatakan mampu menolong sistem imun dalam tubuh kita untuk melawan flu.

honey
3. Madu
Terutama untuk mengatasi batuk, konsumsi 2 sendok makan madu 30 menit sebelum tidur akan mengurangi frekuensi dan tingkat parahnya penyakit tersebut.

4. Telur
Telur mengandung protein dan asam amino yang penting untuk melawan infeksi virus/bakteri dalam tubuh. Jika nafsu makan sedang menurun, Mamas bisa mengonsumsi telur untuk menambah asupan tenaga bagi tubuh.

5. Kiwi 
British Journal of Nutrition pernah mengeluarkan hasil penelitian dengan 132 orang sebagai sample. Hasilnya, setengah dari mereka yang rajin mengonsumsi buah kiwi akan mengalami proses penyembuhan penyakit tenggorokan 3 hari lebih cepat daripada yang tidak. Kandungan di dalam buah kiwi disebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam sel darah merah. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares