Mind

Ini Cara Simpel (dan Ampuh) Mengatasi Baby Blues

By  | 

Mamas, tubuh yang lelah serta peran baru sebagai seorang mama kerap membuat Anda bingung. Ditambah lagi rasa percaya diri yang kurang akibat kondisi tubuh yang belum kembali normal paska kelahiran Si Kecil. Hal ini kerap memicu para new mama mengalami stres yang sering disebut dengan baby blues. Meski terasa berat, namun ternyata 5 cara simpel berikut terbukti ampuh mengatasi baby blues.

1. Jadwalkan kegiatan menyenangkan bersama Si Kecil. Misalnya jogging bersama setiap pagi atau sekadar berjalan-jalan di taman dekat rumah. Menikmati udara segar bersama Si Kecil akan membuat pikiran Anda lebih fresh dan bonding Anda dengan Si Kecil juga kian maksimal.

2. Hang out with bestfriends. Siapa bilang new mama tidak boleh keluar rumah dan bersenang-senang? Justru jika Anda terus-terusan berada di rumah dengan rutinitas yang itu-itu saja, Anda akan cepat merasa bosan. Namun jika ternyata tidak ada yang dapat menggantikan Anda menjaga Si Kecil, Anda bisa juga kan mengundang para sahabat untuk hang out di rumah Anda. Selain bisa tertawa bersama, biasanya para sahabat dengan senang hati akan membantu Anda merawat Si Kecil.

Young mothers with babies

3. Fleksibel. Seorang mama baru biasanya memang cenderung idealis dalam mengatur jadwal sehari-hari. Mulai dari menyusui, memandikan Si Kecil, hingga jadwal Anda sendiri. Anda juga kerap ingin melakukan segala sesuatu secara maksimal. Hal ini dapat memicu stres lho, Mams, ada baiknya Anda sedikit lebih fleksibel dalam menjalani rutinitas. Tak perlu semuanya harus sempurna.

4. Mengurus diri sendiri. Yes Mams, hal ini wajib Anda lakukan, rawat diri Anda sama seperti sebelum memiliki Si Kecil. Hanya saja tentu polanya perlu diubah, jika dulu Anda memiliki banyak waktu untuk mengunjungi spa atau salon, kini Anda dapat memanggil berbagai servis treatment ke rumah. Tak hanya itu, Anda juga wajib menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang bernutrisi. Manfaatkan wakti tidur Si Kecil untuk ikut beristirahat juga, tidur cukup dapat menghindari Anda dari stres.

5. Date night. Kehadiran seorang bayi mau tak mau akan mengubah relationship Anda dengan suami. Meskipun bukan perubahan negatif lho, keberadaan Si Kecil dapat merekatkan hubungan Anda berdua. Namun tentu saja, Anda sulit menemukan waktu untuk berduaan saja dengan pasangan. Oleh karena itu, jadwalkan waktu untuk date night secara rutin ya, Mams. Titipkan dulu Si Kecil dengan orang yang dapat dipercaya. Menghabiskan waktu berdua dengan suami membuat Anda lebih relaks. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares