Relationship

Yang Harus Selalu Dikomunikasikan dengan Pasangan

By  | 

Seperti sering kita dengar, kunci keharmonisan dalam sebuah hubungan adalah komunikasi. Walau berjumpa setiap hari dengan pasangan, namun tetap saja tidak 24 jam Anda selalu bersama dengan suami kan, Mams? Karena itu banyak hal yang harus tetap dikomunikasikan bersama. Apalagi bagi pasangan yang belum lama menikah. Lalu apa saja hal-hal yang perlu dibicarakan? Cek dibawah ini yuk, Mamas!

  • Masa lalu. Sharing dengan pasangan mengenai seperti apa kehidupan Anda dan pasangan di masa lalu cukup penting dilakukan. Dengan begitu Anda dan pasangan akan makin saling mengenal dan dapat melihat perubahan yang ada sekarang. Masa lalu tentunya tak selalu indah, namun ini bisa menguji seberapa besar toleransi antara satu sama lain.
  • Masa Depan. Membicarakan masa depan juga bukan hal yang sepele. Dengan membicarakan tentang masa depan, Anda dan pasangan dapat melihat apa yang jadi tujuan rumah tangga kalian nantinya. Seperti memiliki rumah sendiri, memiliki berapa anak, menyiapkan masa pensiun, atau hal kecil seperti hendak liburan kemana tahun ini.
  • Apa yang dirasakan. Pasangan Anda bukan cenayang, Mams. Ia tak dapat menebak perasaan Anda. Lagipula, memang sudah kodratnya pria memiliki sifat yang kurang peka. Karena itu, bersikaplah terbuka dengan pasangan tentang apa yang Anda rasakan. Apakah sedang sedih, kecewa, atau sedang happy. Dengan sharing apa yang Anda rasakan, ia akan jadi tahu bagaimana perasaan Anda dan tentunya dapat menghibur Anda di kala sedih.
  • Kegiatan harian. Apa saja kegiatan yang Anda dan pasangan lakukan hari inijuga sebaiknya saling dikomunikasikan. Apalagi bagi pasangan dengan aktivitas harian yang mobile. Dengan saling mengetahui kegiatan pasangannya, ini dapat menghindari kesalahpahaman. Lagipula, ini akan memudahkan Anda dan suami bila tiba-tiba ingin berkencan dadakan bukan, Mams?
  • Menentukan keputusan.Setelah menikah, apapun keputusan yang diambil haruslah yang terbaik tak hanya untuk Anda namun juga untuk rumah tangga Anda. Karena itu, biasakan untuk berkomunikasi dengan suami sebelum mengambil setiap keputusan.
  • Seks. Jangan malu membicarakan hal ini dengan pasangan. Tentunya, suami akan lebih terbuka membicarakan masalah seks. Anda sendiri tak perlu segan untukmengomunikasikan apa yang disukai dan tidak sukai. Jangan sampai apa yang disukai suami justru membuat Anda merasa tak nyaman melakukannya. Lagipula dengan saling terbuka, siapa tahu ada ‘gaya’ baru yang bisa dicoba! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares