Finance

Indekos, Bentuk Investasi yang Layak Diperhitungkan

By  | 
Bentuk investasi saat ini sangat beragam, dari investasi emas, reksadana, hingga properti. Saat ini, investasi properti kembali diincar, dari investasi berupa apartemen, rumah yang disewakan, hingga indekos.
Indekos sendiri terhitung sebagai bisnis yang  memiliki prospek cerah dan keuntungan yang cukup besar. Apalagi  jika lokasinya dekat dengan gedung perkantoran, sekolah, atau kampus. Walau begitu bukan berarti bisnis ini mudah lho, Mams. Jika salah kelola dan strategi Anda juga bisa bisa mengalami kerugian.
Berikut tip khusus untuk para Mamas yang berencana untuk membuka indekos atau kos-kosan.
  • Perhatikan lokasi. Semakin dekat lokasi kos-kosan dengan area perkantoran, sekolah, atau kampus, maka peluang kos-kosan Anda untuk dicari sangat besar. Namun, tetap pilih lokasi yang agak menjauh dari sumber  keramaian dan kebisingan ya, Mams. Karena kos-kosan berfungsi sebagai tempat istirahat.
  • Fasilitas. Kenyamanan juga merupakan faktor penting ketika seseorang memilih kamar kos. Karena itu, pastikan kos-kosan Anda cukup nyaman, bersih, dan memiliki fasilitas yang tak mengecewakan.

Home finances

  • Listrik. Pemakaian listrik seringkali membuat pemilik kos-kosan mengalami kerugian. Karena itu, tetapkan aturan yang jelas. Misalnya, penyewa dikenakan biaya tambahan untuk peralatan elektronik seperti penanak nasi, televisi, lemari es dan lainnya. Perhitungkan dengan matang biaya tambahan tersebut. Atau Anda juga bisa memasang meteran listrik di setiap kamar dan penyewa diwajibkan untuk membayar sendiri sesuai dengan jumlah penggunaan masing-masing.
  • Privasi. Jika kos-kosan Anda termasuk kos-kosan elit, maka privasi sangatlah penting, seperti kamar mandi di dalam kamar misalnya.
  • Bisnis tambahan. Menyisakan 1 atau 2 kamar kos untuk menjalankan bisnis tambahan juga bisa Anda lakukan. Seperti warung kelontong, warung nasi, atau jasa cuci dan setrika. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares