Education

Jika Si Kecil Ingin Memelihara Binatang

By  | 

Ya, memelihara hewan di rumah juga bisa membantu Si Kecil untuk belajar bertanggung jawab dan disiplin. Meski untuk si balita, pemeliharaan hewan masih menjadi tugas orang tua, anak bisa melihat dan menyerap apa yang ia lihat ketika Anda memelihara dan mengasihi hewan perliharaan tersebut. Jangan cegah jika ia tertarik untuk membantu tugas Anda. Berikan tugas yang mudah mereka kerjakan, seperti menuang makanan ke dalam piring si meong.

Dengan membantu melakukan tugas tersebut, Si Kecil perlahan akan belajar bahwa hewan pun memerlukan makanan, tempat berteduh, latihan, dan kasih sayang. Atau dengan kata lain, cara ini akan mengembangkan kecerdasan emosi Si Kecil. Perlahan ia akan memahami cara berinteraksi dan memperlakukan hewan dengan kasih sayang, seperti menggendong hewan dengan benar hingga merawat hewan peliharaan saat sakit. Bukan tidak mungkin  nantinya ia akan  tumbuh menjadi pribadi yang berempati, penyayang dan perhatian.

1. Pilih hewan peliharaan yang tepat
Dari sekian banyak hewan yang bisa dipelihara di rumah, pilih sesuai kondisi kesehatan anak dan lingkungan tempat Anda tinggal. Cek kesehatan Si Kecil apakah memiliki reaksi alergi terhadap hewan tertentu, misalnya alergi bulu. Mungkin memelihara ikan hias dan kura-kura menjadi pilihan yang tepat jika Si Kecil memiliki riwayat alergi bulu. Setelah memilihnya secara bersama, beritahu tujuan dari memelihara hewan di rumah. Selipkan pesan ini setiap main bersama hewan peliharaan sehingga si kecil bisa menyayangi dan merawatnya dengan tulus.

2. Hewan peliharaan dalam kondisi sehat
Meski tidak 24 jam berada di dalam rumah, Anda bertanggung-jawab dalam memastikan hewan peliharaan dalam kondisi sehat. Lakukan imunisasi secara berkala untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau kelinci. Juga lakukan pemeriksaan kondisi kesehatan di dokter hewan secara berkala untuk meminimalisir potensi hewan terjangkit kutu, penyakit hingga jamur.

3. Ajak Si Kecil untuk merawat hewan peliharaan
Ajari si kecil untuk memberi makan, minum hingga memandikan hewan peliharaan. Secara tidak langsung, Anda mengajarkannya untuk bertanggung jawab dan disiplin. Tidak perlu memaksa si kecil untuk langsung bisa merawat hewan peliharaan. Berikan contoh dan beri kesempatan baginya untuk terlibat. Perlahan Si Kecil akan memahami tugasnya dalam merawat hewan peliharaan di rumah.

4. Dampingi Si Kecil 
Dampingi Si Kecil saat ia  bermain dengan hewan peliharaan.  Ini bertujuan menjaga Si Kecil agar aman dari potensi dicakar atau digigit. Jika hewan peliharaan Anda berukuran mini, pendampingan berfungsi menjaga hewan agar tidak terinjak atau diremas oleh si kecil. Ajarkan juga cara menyentuh hewan peliharaan dengan lembut dan benar. Beritahu untuk tidak menyentuh bagian tubuh tertentu seperti mata, lubang hidung, lubang telinga, mulut bagian dalam, dan organ genital hewan. Selain itu, ajarkan pula si kecil untuk tidak mengganggu si hewan saat sedang melakukan kegiatan alamiahnya, seperti makan, tidur, atau buang pup. Bagaimanapun, hewan adalah makhluk yang memiliki insting. Jangan sampai, insting hewan ini membuat anak Anda terluka.

5. Jaga kebersihan
Sediakan tempat tinggal yang bersih untuk hewan peliharaan, seperti kandang yang nyaman di teras atau halaman rumah. Selalu jaga kebersihan kandang, tempat makan atau minum, dan tempat buang air untuk hewan. Jaga kebersihan Anda dan Si Kecil dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun antiseptic setelah bermain bersama hewan peliharaan. Potong kuku si kecil agar terhindar dari kotoran yang bersemayam di dalam kuku. Juga,  jagalah kebersihan rumah. Bukan tidak mungkin ada bulu kucing atau anjing tertinggal di sofa. Cuci atau vakum secara berkala perabot rumah tangga agar terjaga kebersihannya. Pastikan juga semua perabot di rumah bebas dari percikan kotoran hewan peliharaan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares