Finance

Trend Bisnis/Usaha di Tahun 2017

By  | 
Era digital memberikan keleluasaan bagi kita, para Mamas untuk mengembangkan diri melalui jalur kewirausahaan. Mulai dari kuliner, apparels, hingga fotografi, peluang bisnis di tahun 2017 sudah menunggu untuk direalisasikan. Berkaitan dengan hal tersebut, Bank Indonesia memprediksi petumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 mendatang berada pada kisaran 5-5,4% karena ditopang oleh permintaan domestik. Yuk, simak apa saja tren bisnis yang bisa Anda jalani pada tahun mendatang!

1. Bisnis online

Didukung oleh semakin banyaknya pengguna internet, bisnis online dapat dimulai dengan modal kecil. Yang terpenting adalah memiiki fasillitas online serta akses internet. Manfaatkan sosial media, sistem partnership dan endorsement untuk membantu meningkatkan branding position & angka penjualan.

2. Bisnis waralaba

Cocok untuk Anda yang berkeinginan untuk memiliki usaha tetapi cenderung terkendala dengan kurangnya ide/pengalaman usaha. Dibantu oleh pemilik waralaba, Anda dapat sekaligus mempelajari jenis dan trik bisnis ala mereka.

Woman doing the books at a restaurant

3. Bisnis Jasa

Sejalan dengan bisnis online, penawaran jasa kini semakin mendapatkan perhatian dari para users. Manfaatkan keahlian yang Anda miliki, Mams. Penawaran jasa ahli seperti florist, terapi healing, hingga private trainer terbukti semakin ditunggu kehadirannya oleh pengguna.

4. Bisnis kuliner

Pilih sajian khusus/speciality yang semakin jarang ditemukan di kalangan umum, misalnya masakan khas daerah tertentu. Membuka sistem PO akan mempermudah Anda dalam proses produksi makanan sesuai dengan kebutuhan.

5. Bisnis properti
Tentu akan membutuhkan modal dalam jumlah yang besar untuk memulainya. Tetapi fokus bisnis ini masih akan menjadi sorotan, mengingat pertumbuhan properti sangat tinggi di Indonesia. Co working space atau properti perlengkapan bisnis bisa menjadi pilihan utama karena antusiasme terhadap kebutuhan tersebut sangat tinggi. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares