Career

Do’s and Don’ts di Hari Pertama Bekerja

By  | 

Setelah bertahun-tahun bekerja di kantor yang sama, kini Anda memutuskan untuk meningkatkan jenjang karier di perusahaan baru. Tentunya ada perasaan senang dan bersemangat akan bekerja di lingkungan kantor yang baru.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai hari pertama di tempat kerja yang baru, yaitu dengan memperlihatkan kesan yang baik di lingkungan baru Anda. Yuk, simak beberapa cara do’s and don’ts-nya di bawah ini:

Do’s:

1. Datang lebih pagi.

Mungkin Anda tak mempercayai hal ini, namun ada lho beberapa orang yang datang terlambat di hari pertama bekerja di kantor baru. Dengan datang lebih awal, 10 atau 15 menit sebelum waktunya, Anda akan memiliki waktu untuk bersiap, memperbaiki riasan, dan mempelajari lingkungan kerja di sekitar Anda. Dan lagi, datang lebih pagi juga dapat membuat Anda terhindar dari kemacetan lalu lintas yang tidak menentu.

Teri Hockett, seorang career expert  mengatakan, “Apabila diperlukan, di hari sebelumnya Anda bisa mencoba melakukan perjalanan dari rumah menuju kantor baru di jam yang padat. Ini untuk mengantisipasi keterlambatan, atau hal lain yang tidak diinginkan”.

2. Mencatat hal baru

Di hari pertama Anda bekerja, banyak hal yang belum Anda ketahui. Jadi, siapkan buku catatan kecil untuk menulis berbagai hal penting di hari pertama Anda bekerja. Jangan segan untuk mencatat informasi yang mungkin saja akan Anda butuhkan di kemudian hari. Seperti nama-nama rekan kerja, password komputer, dan sebagainya.

3. Bersikap positif

Tentunya di hari pertama bekerja, Anda akan diperkenalkan pada rekan-rekan baru. Beri kesan positif dengan mengingat nama-nama beberapa orang penting yang nantinya akan sering berkomunikasi dengan Anda ya, Mamas. Bersikap positif akan membantu Anda mudah diterima di tempat baru.

Woman working at computer.

Don’ts:

1. Jauhi media sosial

Media sosial memang tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, cobalah menahan diri dengan menjauhi media sosial untuk sesaat. Hindari mengunggah banyak hal tentang kantor baru Anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

2. Membandingkan pekerjaan lama Anda

Daripada membandingkan, sebaiknya Anda hanya menyebutkan kesamaan dan kesuksesan dari ide tersebut. Memang sih, pasti akan terasa sulit bagi Anda untuk tidak membandingkan pekerjaan yang baru dengan pekerjaan sebelumnya, namun tetap tahan diri Anda ya, Mamas. Walaupun bertujuan untuk menunjukkan pengetahuan atau berbagi pengalaman, tetapi hal ini bisa berakibat negatif untuk Anda.

3. Sok Tahu

Mungkin Anda memang lebih ahli dalam suatu hal dibandingkan rekan kerja yang lain. Namun bersikap seakan-akan Anda yang paling tahu, hanya akan membuat Anda dinilai negatif. Tetaplah bersikap humble ya, Mamas. Tunjukkan kompetensi Anda di kantor baru dengan cara yang tidak menunjukkan kesombongan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares