Career

Gali lmu Bisnis di TechInAsia Bagi Womenpreneur

By  | 

Hi Mams! Bagi Anda yang tengah membangun bisnis dan berencana untuk mengembangkannya, kini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan produk yang dimiliki,  diantaranya adalah dengan melakukan partnership dan menciptakan brand awareness yang sesuai dengan target konsumen.

Tech in Asia Jakarta 2016 - 2

Melalui event Tech in Asia 2016, konferensi teknologi terbesar di Indonesia yang dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu(16-17 November 2016) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selene Daswani, COO Knots & Reynazran Royono, Founder & CEO Snapcart (Former CEO of Berniaga.com) berbagi ilmu bisnis digital bagi para pelaku bisnis, termasuk womenpreneurs. Menurut mereka, di tengah trend e commerce yang sedang berkembang di Indonesia saat ini, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan momen untuk mempertajam keberadaan produk mereka. “Mulai dengan membangun brand awareness yang kuat. Strong brand never happens by accident,” ujar Reynazran.

Business People Team Teamwork Working Meeting Concept

Berikut adalah 3 langkah utama untuk mengeksekusi strategi branding yang bisa Anda lakukan:
1. Tentukan segmentasi & tujuan bisnis yang akan dikembangkan.
2. Tentukan positioning produk & personality bisnis.
3. Eksekusi: Tuliskan langkah branding yang dapat dilakukan, melalui elemen apa saja & konsep berkomunikasi sesuai dengan target market.

“Brand yang sukses memiliki beberapa elemen penting, diantaranya memiliki tujuan yang jelas, memiliki hubungan yang intimate dengan customernya, konsisten, serta memiliki dampak bagi lingkungan sekitar.”, Tutup Reynazran. Sementara itu, sebagai langkah selanjutnya setelah brand awareness, Selene berbagi tip mengenai successful partnership – yaitu penggabungan konsep marketing dan distribusi dengan baik. “Jangan remehkan word of mouth, kekuatannya dapat menggerakkan bisnis Anda,” ungkapnya.

Social networking make life more interesting

Sesuai data research yang diungkapkan Selena, pasar Asia Tenggara kini memiliki 1.5 triliun devices (smartphone) yang digunakan oleh masyarakatnya. Jenis aplikasi yang paling banyak diunduh adalah apps berbasis komunikasi seperti WhatsApp, Line, Kakao Talk, hingga WeChat. “Setelah membangun dan mengetahui tujuan brand yang dimiliki, bangun partnership dengan berbagi platform, mulai dari media konvensional (radio, TV, website, sponsorship, celebrity endorsements) hingga digital (social media group, SEO). Last but not least, manfaatkan group chat yang ada untuk memperkenalkan brand & produk bisnis Anda,” ujar Selene. Sudah siap untuk mengembangkan bisnis Anda, Mams? (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares