Finance

Tip Memaksimalkan Hasil Investasi Anda

By  | 

Selain menabung, salah satu cara untuk menyiapkan dana pensiun adalah dengan melakukan investasi. Walau memilih investasi tidaklah mudah, namun bila Anda dapat memilih jenis investasi yang tepat dan menjalaninya dengan baik, diyakini Anda akan mendapatkan hasil investasi yang maksimal nantinya. Bagaimana caranya? Berikut tip dari Smart Mama, yang bisa Anda terapkan:

  • Mengenali produk investasi. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu produk yang akan dipilih. Cari tahu bagaimana cara kerjanya dan apa saja keuntungan serta risikonya. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah produk investasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.
  • Gali InformasiBila Anda sudah tahu jenis investasi yang tepat bagi Anda dan sudah mulai menjalaninya, perdalam ilmu Anda dengan terus belajar dan mencari informasi mengenai produk investasi tersebut. Semakin dalam Anda mempelajari dan memahami seluk beluk produk investasi tersebut, maka Anda akan semakin mamahami pasar dan bagaimana trik sukses menjalani investasi tersebut. Saat ini sudah banyak seminar investasi yang bisa Anda ikuti kok, Mamas.

Young Couple paying bills.

  • Melakukan investasi di banyak tempat. Hindari menempatkan semua dana investasi Anda dalam satu produk investasi saja. Sebaiknya, pilih beberapa produk investasi yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Hal ini untuk menghindari risiko apabila produk investasi gagal, Anda tak kehilangan semua dana Anda karena masih ada produk investasi yang lain.
  • Harus aktif. Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengeluarkan dana Anda untuk sebuah produk investasi, maka Anda harus menjalankannya dengan aktif. Seperti misalnya, bila Anda berinvestasi dalam bentuk saham, maka Anda harus jeli melihat kondisi pasar. Anda harus membeli saham saat harga murah dan langsung menjualnya saat harga sedang tinggi. Namun bila Anda lebih tertarik dengan jenis investasi yang pasif, maka investasi emas, deposito atau properti adalah jenis produk investasi yang lebih tepat bagi Anda. Good luck, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares