Style

Q & A : Jika Si Kecil Hobi Berdandan

By  | 

Q : Hi Smartmama, saya memiliki satu anak perempuan yang saat ini berusia 5 tahun, dan saat ini memiliki hobi bersolek. Ia gemar sekali menggunakan perlengkapan makeup saya seperti lipstik, blush on, dan lainnya. Apakah ini sesuatu yang wajar? Mohon sarannya.

Julie, Ibu dari Kanya, 5 tahun

A : Hi Mams Julie, Anda tak perlu khawatir jika Si Kecil mulai terlihat centil. Ini normal terjadi pada usianya. Di usia ini, anak-anak tengah berada pada fase menirukan orang-orang dewasa di sekitarnya. Sebagai contoh, mereka menirukan tingkah laku orangtua, kakak perempuan, atau tokoh idola mereka baik di televisi atau di media lain.
Anak-anak ini memang tengah “hobi” menirukan apa yang dilakukan sosok-sosok yang mereka jadikan role Model . Jadi, tak heran jika anak perempuan, misalnya, akan menirukan apa yang dilakukan ibunya. Atau, menirukan gaya berpakaian idola yang mereka lihat di televisi.
Coba sesekali Anda intip apa yang dilakukan buah hati Anda dan teman-temannya. Mereka biasanya suka melakukan permainan berganti peran. Anak di usia ini memang tengah menikmati menirukan orang-orang dewasa di sekitar mereka, sama halnya ketika mereka bermain peran gender untuk mengembangkan identitas. Misalnya, anak-anak perempuan suka bermain masak-masakan, sementara anak laki-laki hobi menjadi tentara. Nah, bermain kosmetik atau perlengkapan makeup, sebenarnya tak lebih dari hal-hal seperti itu.
Oya, sebenarnya, tak hanya anak perempuan saja yang hobi mematut diri. Coba perhatikan di sekeliling Anda, pasti akan menemukan anak laki-laki yang suka tampil rapi dan necis. Ya, tak sedikit pula anak laki-laki yang memang hobi berdandan sejak kecil. Di usia ini, apa yang dilakukan anak-anak semata-mata hanya merupakan bentuk permainan peran. Hobi berdandan ini tak ada bedanya dengan hobi anak-anak yang berpura-pura membuatkan masakan bagi bonekanya, atau anak laki-laki yang bermain peran sebagai seorang superhero . Jadi, sekali lagi, tak ada yang perlu dikhawatirkan, ya, Mamas. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares