Relationship

Kenali 7 Karakter Suami

By  | 

Mamas, mungkin saat Anda memasuki dunia pernikahan, sifat ‘asli’ suami mulai terlihat jelas. Ya, agar komunikasi Anda dan suami tetap terjaga, baiknya ketahui dulu seperti apa suami

1.Dominan. Suami cenderung mengarahkan dan mengatur-atur orang lain, terutama istrinya. Segala keputusan berada di tangannya. Ini akan menyebabkan ketimpangan-ketimpangan dalam keluarga karena suami-istri seharusnya berada dalam level yang sama. Mungkin saja istri menurut, tapi pasti dengan keterpaksaan atau perasaan ingin memberontak. Perasaan-perasaan serba tidak enak yang dipendam dalam diri istri akan menyebabkan muncul ketegangan-ketegangan dalam dirinya. Akibatnya hubungan suami istri pun akan terganggu. Karakter ini sebetulnya merupakan cerminan dari kekurangan suami.

2. Posesif. Yang ini serupa tapi tak sama dengan suami dominan karena  membuat orang lain tercengkeram kuat dalam genggamannya. Untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan atau pengaruhnya, seorang suami posesif tidak mau sang istri lepas dari tangannya. Itulah mengapa suami tipe begini umumnya tidak “rela” istrinya berkarier di luar rumah karena khawatir tergoda pria lain.
3. Anak Mami. Setiap kali ada masalah dalam keluarganya, suami tipe begini pasti akan lari mengadu atau mencari perlindungan pada ibunya. Jangan harap ia mau bertukar pikiran dengan pasangan hidupnya. Tentu saja istri kerap tidak bisa menerima kenyataan dirinya tidak dipandang oleh suaminya. Sementara ibu mertua senantiasa berambisi menunjukkan pada menantu  bahwa cuma ia yang paling bisa merawat dan mengerti anaknya.

4.Penuh Tanggung Jawab. Asal tahu saja, pria tipe ini sangat sedikit jumlahnya. Mereka adalah suami-suami yang sudah cukup terlatih dan terbiasa menghadapi realitas. Umumnya suami seperti ini semasa kecilnya adalah anak laki-laki yang diberi kepercayaan dan kesempatan orang tuanya untuk mencoba dan berbuat salah.

5.Cuek. Suami tipe ini sebetulnya minta diladeni dan diperhatikan, meski kelihatannya tidak membutuhkan orang lain. Sikap ini bisa muncul karena ia terlalu diperhatikan, hingga perhatian Anda dirasa tidak istimewa. Atau sebaliknya sama sekali jarang mendapat perhatian, namun gengsi mengakuinya. Rasa sebal Anda pada sikapnya sebetulnya sia-sia karena ia memang terbiasa untuk tidak menaruh peduli pada orang lain.

6.Penuntut.  Dulu, mungkin suami tipe ini tidak kelewat menimbulkan masalah. Tapi, untuk keluarga masa kini yang semua pihak sudah repot dengan urusan masing-masing, suami seperti ini betul-betul bikin jengkel. Bagaimana tidak? Kopi, sarapan dan keperluan mandi sudah harus tersedia saat ia membuka mata.

7. Pendiam. Tidak jadi masalah kalau istri bisa menangkap makna sikap diam suaminya lewat bahasa tubuh. Karena itu berarti komunikasi dua arah di antara mereka masih berlangsung.  Sikap pendiam ini baru akan jadi masalah kalau dijadikan alat oleh suami untuk menjauhkan diri dari istrinya. Jadi, lebih merupakan tameng atau keengganan suami untuk berkomunikasi. Jad, Mams, sebaiknya Anda harus lebih peka ya. (Yosi Avianti/Photo : Various)

 

Shares