Health

Mengencangkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami

By  | 

Anda tentu mendambakan wajah yang selalu tampak muda, bersih, dan segar.  Saat usia sudah mulai menginjak kepala tiga, dan mulai muncul tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam, ataupun keriput.  Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan, Mams?

Sekarang ini banyak produk kecantikan yang dijual dipasaran dengan harga terjangkau hingga yang paling mahal, semua produk kecantikan ini menjanjikan kulit anda akan kembali kencang lagi. Namun yang perlu anda perhatikan saat membeli produk kecantikan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut. Pilihlah kosmetik berbahan dasar herbal, dan tentunya sudah lulus uji edar produksi dari BPOM.

Selain produk kecantikan, banyak cara yang dapat dilakukan secara alami untuk menhilangkan keriput di wajah. Berikut, beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan.

Minyak Zaitun dan Lemon
Minyak zaitun bisa membantu memberikan kelembaban pada kulit. Kaya akan vitamin C, D, dan E, antioksidan serta zat besi yang berguna untuk meregenerasi kulit. Sementara lemon membuat kulit lebih cerah dan berseri, jika keduanya di gabung dapat membantu mengurangi keriput pada kulit wajah, tambahkan oatmeal untuk mengatasi wajah kusam dan putih telur untuk mengencangkan kulit wajah.

Susu Bubuk
Susu bubuk juga sangat dipercaya untuk mengembalikan kelembaban kulit serta mnghilangkan keriput. Campurkan 4 sdm susu bubuk, 2 sdm madu, 2 sdm air hangat lalu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah secara merata dan hindari sekitar mata dan mulut. Tutup wajah dengan handuk kecil yang sudah di basahi dengan air hangat dan diamkan hingga 10 menit. Bersihkan sisa masker pada wajah dengan handuk kecil, lalu keringkan. Anda bisa rasakan kulit menjadi lebih lembap.

Pisang
Buah Pisang salah satu buah yang mudah Anda dapatkan untk mencegah kulit keriput. Pisang dipercaya sebagai bahan alami yang Paling efektif dan mudah untuk di jadikan krim wajah anti keriput. Caranya, lumatkan satu atau dua buah pisang sampai hancur dan lembut menyerupai krim, oleskan keseluruh permukaan wajah selama kurang lebih 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Tepuk-tepuk kulit wajah Anda, dan jangan mengusapnya sampai kering.

Tomat
Selain mudah didapat tomat juga sangat terjangkau harganya.  Dengan tomat kelembaban dan kekencangan kulit dapat diperthankan. Caranya, iris-iris tomat lalu tambahkan madu dan campur rata, lalu oleskan pada wajah. Ini sangat efektif untuk menghilangkan keriput.

Kulit Semangka
Saat memakan semangka, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit semangka bisa digunakan sebagai penggosok muka karena teksturnya yang halus. Selain itu, kulit semangka yang telah dicuci bersih bisa dipakai untuk menyegarkan dan menghaluskan kulit.

Nanas
Nanas adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Selain bermanfaat karena kandungan vitaminnya, juga sangat efektif untuk menghilangkan keriput di wajah. Cukup oleskan daging buah nanas bagian wajah yang bermasalah, misalnya di seputar mata dan mulut, lalu biarkan cairan nanas tersebut mengering hingga 20 menit, kemudian basuh dengan air hangat atau dingin.

Daun Teh
Di Jepang teh selalu menjadi andalan wanita. Daun teh kaya dengan kandungan 400an unsur kimia, di antaranya adalah catechins, senyawa aromatic oil, senyawa karbohidrat, protein, berbagai asam amino, vitamin dan mineral, Pectin dan lain-lainnya. Selain menyehatkan, juga dapat menjaga kulit tetap bersih dan bercahaya, dan dapat menunda dan mengurangi munculnya keriput pada wajah.

Madu
Dari dulu hingga sekarang madu merupakan satu ramuan yang cukup ampuh bagi semua penyakit. Tidak terkecuali pada perawatan wajah , madu sangatlah ampuh dalam mengatasi dan mencegah keriput di wajah. Caranya sangat mudah, basuh muka terlebih dahulu dengan air hangat lalu oleskan sedikit madu ke wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Selanjutnya, bilas wajah dengan air hangat lagi dan segarkan dengan es batu.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat juga Anda gunakan untuk perawatan mecegah kulit keriput. Namun minyak kelapa yang digunakan haruslah yang alami olahan tangan, bukan olahan pabrik yang dijual di toko-toko. Minyak kelapa murni mampu mengangkat kulit kering yang menimbulkan keriput. Hanya dengan mengoleskan minyak kelapa kekencangan kulit wajah Anda akan tetap terjaga.

Ketimun
Ketimun selain banyak digunakan untuk masker, tentu saja juga bermanfaat untuk perawatan anti keriput. Ketimun dapat membersihkan wajah, di mana keriput juga disebabkan oleh kotoran wajah yang menempel.  Cukup iris-iris tipis ketimun lalu tempelkan pada wajah yang sudah bersih.  Dipercaya dapat membuat kulit wajah terasa lebih segar. (Yosi Avianti/ Photo : Istockphoto.com)

Shares