Health

5 Makanan Untuk Menghilangkan Flu Pada Si Kecil

By  | 

Memasuki musim penghujan, tentunya akan membuat Si Kecil mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menghampiri anak-anak adalah influenza. Nah, Mams, tahukah Anda, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu tubuh Si Kecil dalam memerangi virus influenza?

 

Ya, berikut ini adalah jenis makanan yang bisa Anda berikan saat Si Kecil terserang flu.

1. Jus Sayuran
Flu akan membuat Si Kecil menjadi dehidrasi sehingga tubuh menjadi lebih lemah. Untuk mengatasi masalah ini, berikan ia  jus sayuran. Sayuran mengandung bahan nutrisi alami seperti vitamin, bahan antioksidan dan mineral. Beberapa sayuran yang bisa Anda masukkan dalam membuat jus adalah seperti wortel (sumber beta karoten) , lobak (mengandung senyawa yang bisa memecah lendir yang menggumpal di saluran pernafasan, brokoli, dan kubis.

2. Bawang Putih
Bawang putih mengandung fitokimia yang bisa membantu tubuh Si Kecil memerangi virus dengan cepat. Bawang putih juga bisa mengatasi flu karena sumber antioksidan yang sangat tinggi. Bahan-bahan ini akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa berikan bawang putih  dengan mencampurnya dalam bumbu sup ayam.

3. Pisang
Saat Si Kecil terserang  flu biasanya akan merasa mual dan pusing hingga membuat badan menjadi sangat lelah. Berikan buah pisang, karena di dalamnya mengandung vitamin B6 yang bisa memerangi infeksi dari virus flu. Selain itu pisang juga mengandung mineral yang cukup tinggi dan bisa mengatasi tubuh yang lelah.

4. Blueberry
Blueberry sangat disarankan untuk semua orang yang terkena flu. Buah ini mengandung aspirin yang bisa menyembuhkan sakit kepala dan membuat pernafasan menjadi lebih baik. Aspirian alami juga membantu tubuh mengatasi demam dan menghilangkan nyeri otot. Konsumsi blueberry yang masih sangat segar akan lebih baik daripada blueberry yang sudah disimpan beberapa hari.

5. Teh
Berikan juga Si Kecil teh hangat. Teh mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi dan bisa membuat tubuh terasa lebih ringan. Ramuan teh alami yang dicampur dengan beberapa bahan seperti lemon dan madu akan membuat khasiatnya menjadi lebih tinggi. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares