Parenting

Ini Cara Ajari Anak tentang Konsep Keluarga

By  | 

Memang benar Si Kecil tumbuh di tengah-tengah keluarga kecil Anda. Namun tentu ia masih agak bingung jika menyangkut keluarga besar. Oleh karena itu ada baiknya Anda dan pasangan mengajari Si Kecil mengenai konsep keluarga dengan cara berikut:

1. Buat family tree. Yang satu ini penting untuk dilakukan agar Si Kecil mengetahui sejarah hidupnya. Ia akan mengetahui dari mana ia berasal, juga memahami siapa saja yang berada dalam keluarga inti dan selanjutnya ada keluarga di luar keluarga inti.
2. Nonton film atau membaca buku tentang keluarga. Sebuah film tentang keluarga biasanya menceritakan konflik keluarga yang diakhiri dengan cara menyelesaikan permasalahan. Di sini Si Kecil dapat mengetahui setiap keluarga pasti akan memiliki masalah namun dapat diselesaikan dengan landasan kasih sayang.

Group Of Families Enjoying Snacks At Home
3. Keluarga tiri. Tak semua perjalanan keluarga mulus adanya. Banyak juga pasangan yang bercerai dan memiliki pasangan baru. Hal tersebut bisa terjadi pada Si Kecil sendiri atau keluarga terdekat. Jelaskan hal tersebut dengan bijak dan tanamkan padanya bahwa konsep keluarga bukan hanya karena garis keturunan atau darah saja, melainkan keakraban dan ketulusan yang terjalin.
4. Ajak Si Kecil bersilaturahmi. Sebisa mungkin, selalu ajak Si Kecil ke acara keluarga besar. Selain ia akan mengenal dan akrab dengan keluarga besar Anda maupun suami, cara ini merupakan aplikasi nyata mengenai konsep sebuah keluarga.
Family is a link to the past and the bridge to our future. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares