Health

Nutrisi Makanan Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi Si Kecil

By  | 

Nutrisi yang sehat dan seimbang sangat diperlukan dari berbagai jenis makanan untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan gigi. Akan tetapi mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, baik yang berasal dari gula atau makanan gurih dan berbahan dasar tepung dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

 

Berikut, adalah beberapa makanan yang sebaiknya diberikan dan juga dihindari agar kesehatan gigi dan gusi Si Kecil tetap terjaga.

1.  Sediakan Selalu Buah dan Sayur
Selalu sediakan aneka jenis buah dan sayuran di rumah  sebagai cemilan sehat . Pilihlah buah dan sayuran yang mengandung banyak air seperti pir, melon, dan timun. Batasi konsumsi pisang dan kismis karena mengandung cukup banyak gula dan jangan lupa untuk meminta Si Kecil  menyikat gigi satu jam setelah mengkonsumsi keduanya.

my-buah

2.  Berikan Keju Sebagai Cemilan
Tambahkan keju dalam menu makan siang atau jadikan keju sebagai salah satu menu camilannya. Keju, terutama keju cheddar, swiss, dan keju berumur tua lainnya dapat membantu memicu produksi air liur. Air liur dapat membantu membersihkan berbagai partikel makanan dari gigi.

mengapa-keju-swiss-bisa-dipenuhi-lubang

3.  Hindari Makanan Manis dan Lengket
Berbagai makanan manis dan lengket seperti kismis, permen, coklat, sirup karamel, dan madu cenderung menempel pada gigi dan sulit dibersihkan oleh air liur. Jika Si Kecil mengonsumsi berbagai makanan ini, segera ajak mereka untuk menyikat giginya kira-kira 1 jam setelah makan. Selain itu, makanan manis juga dapat membuat gigi dipenuhi dengan gula dan dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Belilah makanan yang bebas gula atau tidak mengandung pemanis.

4.  Berikan Makanan Manis Bersamaan Dengan Waktu Makan
Jika anda ingin memberikan makanan manis, seperti kue atau permen, maka berikanlah makanan tersebut sebagai makanan penutup setelah makan. Setelah makan, biasanya terdapat lebih banyak air liur di dalam mulut, yang membuat makanan manis ini lebih mudah dibersihkan dari giginya.

5.  Jangan Biarkan Si Kecil Sering Mengemil
Seberapa sering anak anda mengemil lebih berpengaruh daripada berapa banyak jumlah camilan yang dikonsumsinya. Jam-jam di antara waktu makan merupakan saat bagi air liur untuk membersihkan semua sisa-sisa makanan agar tidak dapat dikonsumsi oleh bakteri. Sering mengemil dan tidak segera menyikat gigi setelahnya sama saja dengan memberikan makanan pada bakteri, yang dapat menyebabkan pembentukan plak dan menimbulkan gigi berlubang.

6.  Berikan Air Putih
Berikanlah  segelas air putih pada Si Kecil, baik waktu makan atau waktu di antaranya. Jangan terlalu sering memberikan jus buah atau minuman manis lainnya karena semua minuman ini mengandung gula.  Bila Anda ingin memberikan berbagai minuman manis ini, berikanlah juga segelas air putih setelahnya agar dapat membantu membersihkan berbagai sisa makanan dan gula yang menempel pada gigi.

664xauto-manfaat-air-putih-1602027

 

 

(Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares