Beauty & Style

9 Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

By  | 

Mams, saat memasuki trimester ketiga, Anda akan mengalami perubahan bentuk tubuh secara drastis yang memang wajar dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Berbagai keluhan pun akan mulai berdatangan. Misalnya saja, mual, muntah, mudah lelah, dan yang paling sering terjadi adalah kaki bengkak.

Ibu hamil akan mengalami kaki bengkak karena pertambahan berat badan secara drastis yang ditopang oleh kakinya yang selama ini biasa menahan berat badan normal. Kaki bengkak saat hamil disebabkan karena tubuh Anda cenderung menahan cairan 30% lebih banyak dari kondisi normal.

Biasanya ibu hamil mulai mengalami kaki bengkak di usia kehamilan trimester ketiga, karena bobot  yang makin berat. Walau hal ini wajar terjadi, tentu saja akan menyebabkan rasa tak nyaman bila dibiarkan begitu saja.

Berikut, beberapa tip untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil.

1. Kurangi garam
Bila kaki mulai bengkak, sebaiknya kurangi mengonsumi makanan yang mengandung banyak garam. Sebab sifat garam lebih mudah menyerap air dan mengakibatkan kaki Anda membengkak.

2. Kurangi berdiri terlalu lama
Berdiri dalam jangka waktu yang lama ternyata juga jadi penyebab kaki bengkak ketika hamil. Bila Anda terpaksa berdiri dalam jangka waktu lama, sebaiknya selingi dengan berjalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi di daerah kaki.

3. Duduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung
Ketika duduk, usahakan meletakkan kaki lebih tinggi dari jantung. Posisi semacam itu bisa memperlancar peredaran darah. Selain duduk, saat tidur pun sobat bisa menaruh bantal sebagai penyangga kaki supaya posisi kaki lebih tinggi dari kepala.

4. Jangan mengenakan sepatu high heels
High heels atau sepatu hak tinggi benar-benar membahayakan keselamatan ibu hamil beserta bayi dalam kandungannya. Pasalnya, sepatu hak tinggi membuat Anda rentan terpeleset atau tersandung. Tidak hanya ibu hamil, menggunakan  high heels juga cukup berbahaya jika terlalu sering dan terlalu lama digunakan.

5. Perbanyak minum air putih
Mengonsumsi air putih ketika hamil memang sangat dianjurkan. Hal ini juga sangat membantu Anda yang mengalami kaki bengkak.

6. Memijat kaki
Memijat tangan dan kaki dengan rutin memang dianjurkan. Anda bisa memijat sendiri bagian atas betik sampai ke paha dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Pijat dengan lembut supaya otot-otot tubuh lebih rileks dan mengurangi kaki yang bengkak.

7. Berenang atau berendam dalam air
Bila kaki Anda bengkak, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berenang atau berendam dalam air. Jika sedang berenang, usahakan berjalan di dasar kolam. Sebab, hal itu bisa membantu melancarkan sirkulasi darah pada wanita yang sedang hamil.

8. Olahraga teratur
Walaupun sedang hamil, jangan sampai  melupakan jadwal untuk berolahraga. Hal ini bisa membantu Anda menghilangkan berbagai keluhan ketika hamil dan juga sangat membantu ketika proses persalinan kelak.

9. Melakukan gerakan ringan
kaki sedang bengkak, Anda bisa redakan dengan duduk lurus sambil melemaskan kaki dengan cara menekuk kaki atau memutar-mutar daerah pergelangan kaki.  Cara ini cukup efektif untuk melancarkan peredaran darah di sekitar kaki yang bengkak. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares