Health

5 Makanan Pencegah Penyakit Jantung

By  | 
Mams, berita kematian penyanyi Mike Mohede (32 tahun) akibat penyakit jantung cukup mengagetkan kita, ya. Dan Mike yang kerap dijuluki the angel voice ini bukanlah selebriti pertama yang mengalaminya. Aktris Hollywood Brittany Murphy juga mengalami serangan jantung di tahun 2009 dengan usia yang sama dengan Mike, yakni 32 tahun. Meski data survei menyatakan bahwa penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria (1 dari 5 pria mengalaminya), sedangkan perbandingannya pada wanita adalah 1 dari 17, namun akan lebih baik jika Anda tetap waspada dan memahami upaya pencegahannya. Dan ternyata, konsumsi jenis makanan berikut bisa mengatasinya, lho!

brittany

1. Kacang merah.
Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, jenis kacang – kacangan ini juga kaya akan kandungan serat dan air, yang dapat membantu mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Konsumsi kacang merah hingga tiga cangkir dalam seminggu ya, Mams.

2. Apel
Konsumsi satu hingga dua buah apel per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah.

3. Anggur
Kandungan serat dan senyawa quercetin dapat melindungi pembuluh darah dari penyumbatan yang berpotensi mencegah penyakit jantung, hipertensi dan tekanan darah tinggi.

4. Teh hijau
Sebuah penelitian di Jepang mengemukakan bahwa konsumsi lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25% lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

5. Gandum, beras, jagung
Tiga jenis sumber karbohidrat yang kaya akan protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga masalah kanker.

Selain lima jenis makanan diatas, mamas juga disarankan untuk mengurangi konsumsi garam berlebihan, tidak lebih dari 5-6 gram per hari. Hal ini disebabkan karena kandungan sodium yang terdapat di dalamnya dapat memperberat kinerja jantung. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares