Mind

Serunya Bermain Pokemon Go (dan Aturannya untuk Para Mama)

By  | 

Mamas, beberapa waktu terakhir ini seluruh dunia tengah menggilai game Pokemon Go, tak hanya anak remaja, banyak juga orangtua termasuk para mamas yang menyukai permainan ini. Pasalnya, di tahun 90-an, game ini sempat booming dan digilai remaja pada saat itu. Kini para remaja tersebut tentu sudah menjadi orangtua ya, Mams. Nah game Pokemon Go ini membawa kembali nostalgia para mama yang dulunya penggemar para pocket monster yang lucu tersebut. Pokemon Go sendiri belum resmi masuk ke Indonesia, namun demikian para gamers sudah mulai mengunggahnya melalui Android Application Package (APK).

Jika dulu Anda bermain game Pokemon melalui game boy atau Nintendo, kini Pokemon Go dapat Anda mainkan di smart phone sehingga lebih praktis dan dapat Anda mainkan dimanapun saat ada waktu senggang. Permainan ini sendiri sangat seru, Anda dapat mencari dan menangkap Pokemon dengan pokeball untuk dipelihara dan dan dilatih guna mengikuti battle dengan Pokemon milik orang lain. Pancarian Pokemon ini menggunakan GPS dan kamera, sehingga Anda dapat mengetahui lokasi Pokemon yang sedang berjalan-jalan di sekitar Anda. Permainan ini juga memungkinkan Anda bertemu dengan pemain lain di lokasi terdekat saat battle berlangsung di gym. Seru ya, Mams?

Pikachu, salah satu pocket monster favorit gamers yang konon sulit untuk ditangkap.

Pikachu, salah satu pocket monster favorit gamers yang konon sulit untuk ditangkap.

Selain menghibur, Pokemon Go dipercaya dapat menambah networking dengan para pemain lain. Selain itu, permainan ini cukup ampuh lho bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, Anda harus berjalan-jalan berkeliling area guna mencari Pokestop yang menyimpan item pendukung untuk menangkap Pokemon, juga saat menangkap Si Pokemon. Namun demikian, Anda harus memerhatikan beberapa hal, yakni:

  • Jika Anda menyalakan setting lokasi, maka para pemain di sekitar Anda dapat mengetahui dengan pasti keberadaan Anda. Hal ini dapat memancing kejahatan seperti yang terjadi di Amerika Serikat, empat orang pelaku kejahatan ditangkap karena menggunakan game ini untuk memancing salah satu pemain ke tempat sepi dan merampoknya. Oleh karena itu, akan lebih aman dan bijak jika Anda hanya bermain dengan teman-teman yang dikenal.
  • Permainan ini tentu saja dapat membuat Anda ketagihan, pastikan Anda membatasi waktu bermain. Dan ingat Mams, jangan sampai permainan ini membuat Anda lupa bonding time bersama Si Kecil.
  • Mengingat permainan ini mengharuskan pemainnya untuk berjalan jauh dan di luar rumah, sebaiknya tidak diperkenalkan pada anak yang belum cukup umur.
  • Jangan sampai berburu Pokemon ke daerah yang berbahaya, pasalnya pocket monster super lucu ini dan Pokestop ini berkeliaran dimana saja termasuk area yang dilarang. Contohnya saja di Darwin, Australia, para gamers menyerbu kantor polisi karena menemukan Pokestop, tentu saja para Polisi merasa terganggu, dan kantor tersebut bukan tempat yang baik untuk anak-anak.
  • Beberapa laporan juga mengatakan banyak orang jatuh atau terluka akibat tidak menaruh perhatian terhadap apa yang berada di hadapannya kala bermain Pokemon Go.
  • Dari Singapura dikatakan salah satu perusahaan telah memecat seorang ekspatriat yang menuliskan kata-kata cukup kasar di Facebook karena tidak dapat mengunggah game ini di Singapura.

Kamus Pokemon Go

Pokemon: Si Pocket Monster.

Pokemon Trainer: Para pemain Pokemon Go bertugas untuk melatih Pokemon miliknya.

Pokeball: Bola yang dapat menangkap Pokemon.

Pokestop: Tempat yang menyediakan Pokeball dan item pendukung lain yang berguna untuk menangkap serta merawat Pokemon milik Anda.

Gym: Tempat Bertanding antar Pokemon. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares