Health

8 Alasan untuk Menari dan Bergerak Saat Proses Persalinan

By  | 

Dancing saat akan melahirkan? Tentu saja para mamas to be heran ya, mana mungkin saat terserang kesakitan menjelang proses persalinan saya bisa menari, bergerak saja sulit. Tetapi ternyata Mams, bergerak dan menari menjelang proses persalinan banyak manfaatnya lho daripada Anda Yuk simak!

  1. Mengurangi rasa sakit. Siapa sangka, ternyata bergerak mengikuti irama musik hip hop yang up beat bisa mengurangi rasa sakit menjelang proses persalinan lho. Selain karena bergerak, musik yang seru dan fun dapat membuat perhatian Anda teralihkan. Jika bosan di dalam kamar, berjalan-jalan di sekitar lobi rumah sakit sambil mendengar musik juga dapat dijadikan alternatif pengurang rasa sakit.
  2. Mengurangi penggunaan obat. Beberapa penelitian mengatakan, calon mama yang banyak bergerak menjelang persalinan relatif tidak membutuhkan obat pengurang rasa sakit termasuk epidural.
  3. Membuat Anda lebih bersemangat. Bergerak dan menari mengikuti irama musik yang ramai dapat meningkatkan mood sekaligus membuat Anda semakin bersemangat menyambut kehadiran Si Kecil.
  4. Bring the baby down. Dan tanpa terasa tarian fun Anda akan membuat posisi bayi bergerak turun ke bawah menuju jalan lahir. Hal ini akan memperlancar proses persalinan Anda lho.
  5. Mempercepat pembukaan. Banyak mamas yang struggling dengan lambatnya proses pembukaan, sehingga kesakitan lebih lama. Nah banyak bergerak apalagi menari akan mempercepat pembukaan Anda, sehingga proses persalinan pun lebih cepat.
  6. Mengurangi jumlah jahitan. Gerakan Anda akan membuat area Miss V lebih lentur sehingga mengurangi risiko jahitan lebih banyak.
  7. Para ahli sangat mendukung! Yes Mams, para ahli seperti dokter kandungan dan bidan juga sangat mendukung kegiatan ini. Karena beberapa penelitian juga menemukan calon mama yang banyak bergerak menjelang proses persalinan akan memperoleh banyak benefit.
  8. Memperlebar jalan lahir. Saat Anda menari mengikuti irama musik otot di area pelvis Anda juga bergerak yang akan membantu bayi untuk masuk ke jalan lahir.

So Mamas, let’s dance like no one is watching! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares