Parenting

Hindari Mengatakan Si Kecil Gemuk

By  | 

Seperti kita ketahui, kelebihan berat badan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini tak hanya berlaku bagi orang dewasa, bagi anak-anak pun, kelebihan berat badan memang patut diwaspadai. Dan bila ternyata balita Anda mengalami hal ini, sebaiknya hindari mengatakan kalau ia gemuk ya Mamas, apalagi kemudian sampai memintanya untuk berdiet. Pastikan Anda menghindari 2 hal tadi untuk diucapkan pada Si Kecil.

Anda perlu menghindari hal ini karena ucapan negatif tersebut nantinya bisa membuat ia mengalami eating disorder saat dewasa. Awalnya anak akan merasa minder dan kemudian tidak percaya diri dengan tubuhnya. Selain itu, saat ia sudah bisa membeli makanan sendiri, ada kecenderungan, ia justru bersikap impulsif saat makan. Seolah-olah ingin ‘balas dendam’ pada makanan yang membuatnya mengalami obesitas. Dan tindakan tersebut justru membuat anak Anda semakin mengalami kegemukan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Cornell University, untuk menghindari masalah ini, yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah aktivitas fisik Si Kecil dan memberinya makanan sehat. Ajak ia berolahraga bersama atau melakukan permainan yang membutuhkan banyak gerakan. Anda juga harus mengurangi pemberian camilan dan makanan dengan kadar MSG dan gula yang tinggi. Sebagai alternatif, Anda dapat memberinya buah potong atau sayur untuknya. Di sini, Anda memang dituntut untuk kreatif dalam menyajikan menu makanan untuknya, Mamas, agar ia tak bosan dan tertarik untuk mengonsumsi makanan sehat. Ciptakan waktu makan sebagai proses yang menyenangkan baginya. Jangan sampai ia merasa trauma dan tak mau makan, karena takut dibilang gemuk. Dan tentunya, jadilah contoh yang baik untuknya dalam hal menjaga kesehatan, yaitu turut mengonsumsi makanan sehat dan juga ikut berolahraga bersama Si Kecil. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com) 

Shares