Health

5 Kebiasaan yang Dampaknya Setara dengan Merokok

By  | 

Mamas, bukan rahasia lagi kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan Anda maupun orang disekeliling Anda. Selain gangguan pada paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari gangguan jantung, pengeroposan tulang, hingga penyakit kanker. Namun ternyata, ada beberapa kebiasaan yang efeknya setara dengan merokok, apa saja habit berbahaya tersebut? Yuk simak, Mams.

Duduk Seharian


Meskipun Anda rajin berolahraga, namun kebiasaan duduk dalam waktu yang lama di meja kerja atau di dalam mobil dapat memicu berbagai penyakit. Menurut Alberta Health Services-Cancer Care di Canada, tidak beraktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama dapat memicu penyakit kanker payudara, usus, prostat, juga paru-paru hingga 160.000 kasus setiap tahun. Angka ini sekitar 2/3 dari kasus kanker yang disebabkan oleh rokok. Cara mengatasinya adalah dengan berdiri sejenak saat sedang bekerja, atau sekadar berjalan ke kubikal rekan kerja. Di rumah, lakukan juga hal yang sama ya, Mams, pastikan Anda banyak beraktivitas seperti merapikan kamar atau membersihkan rumah.

Memasak dengan Gas

Memasak dengan menggunakan gas membuat Anda menghirup zat karbon monoksida, nitorgen dioksida, serta formaldehyde setiap Anda memasak. Dan ternyata menghirup ketiga zat tersebut similar dengan menghisap rokok. Untuk mengatasi hal tersebut Anda tidak perlu mengganti kompor Anda dengan kompor listrik misalnya, hanya saja pastikan ventilasi dalam dapur Anda cukup besar sehingga dapat segera menyerap udara yang berasal dari gas. Atau gunakan cookerhood yang dapat meminimalisasi Anda menghirup ketiga zat berbahaya tersebut.

Terlalu banyak konsumsi daging dan keju

Protein hewani kaya akan kandungan IGF-1, hormon yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Dan sebuah studi dari University of Southern California menemukan orang yang melakukan diet tinggi protein hewani empat kali berisiko terkena penyakit kanker dibandingkan dengan yang melakukan diet rendah protein. Untuk mengatasinya, ubah pola makan Anda yakni mengganti protein hewani dengan nabati yang nutrisinya sama, contohnya mengganti konsumsi daging dengan kacang-kacangan.

Memasak dengan Minyak yang Salah

Meskipun Anda menggunakan kompor listrik, memasak dengan minyak yang salah juga dapat menimbulkan zat berbahaya. Ternyata penggunaan minyak sayur dapat memproduksi zat seperti aldehydes juga hydrocarbon yang juga ditemukan pada rokok yang menyala. Nah agar Anda terhindar dari hal tersebut, gunakan minyak yang tepat seperti olive oil atau avocado oil.

Kurang Tidur

Early Morning

Yang satu ini memang berbahaya ya, Mams, selain membuat Anda cranky, serta dapat meningkatkan tekanan darah, juga memicu serangan jantung, stroke, obesitas, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Bahkan sebuah studi menyatakan kurang tidur dapat menyebabkan tingkat kematian yang setara dengan rokok. Nah berdasarkan data berikut, ada baiknya kini Anda jangan mengabaikan rasa lelah. Segera pergi tidur ketika rasa kantuk mulai melanda ya, Mams. Dan jika Anda bermasalah dengan tidur, segera hubungi ahlinya agar dapat segera diatasi. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares