Mind

Sudahkah Anda Mencintai Perubahan Bentuk Tubuh Selama Hamil?

By  | 

Pregnancy is supposed to be a happy time. Tetapi pernahkah Anda merasa kepercayaan diri hilang karena perubahan bentuk tubuh selama hamil? Menurut BMI (Body Mass Index), rata – rata para calon mama akan mengalami pertambahan berat badan sebanyak 11 – 20 kilogram selama masa kehamilan. Dan 10% adalah angka peluang depresi yang dapat menyerang para mams to be dengan beragam penyebab, salah satunya adalah tidak mampu menerima perubahan bentuk tubuh yang dialami. Padahal “emosi” diri selama kehamilan akan ikut memengaruhi kesehatan perkembangan janin, lho. Yuk, cintai perubahan tubuh Anda, Mams. Lima cara berikut akan membantu.

1. Penulis buku “Advice from a Pregnant Obstetrician”, Shari Brasner, M.D. menyarankan Anda untuk berpikir diluar kebiasaan: Pikirkan bahwa ada calon mama lain yang mengalami pertambahan berat badan yang lebih banyak, yaitu mereka yang mengandung anak kembar. Tentunya mamas masih ingat terhadap kasus mama Amieh Lely yang melahirkan bayi kembar 5 di Cirebon, Jawa Barat, bukan?

2. Aktivitas ringan akan membuat tubuh lebih fit, kencang & sehat. Dampak positifnya, Anda akan merasa lebih percaya diri dengan perubahan bentuknya. Lakukan olahraga di dalam air untuk meminimalisir rasa sakit saat berolahraga selama hamil, seperti berenang.

3. Fashion items akan membantu Anda tetap tampil cantik, berapapun angka pertambahan berat badannya. Pilih material dan model dress flowy/stretch yang akan membantu membentuk siluet tubuh.

rachel zoe maternity
4. Dampak dukungan psikologis terbesar yang dapat dirasakan oleh para calon mama datang dari para suami. Mengungkapkan hal yang meresahkan terkait perubahan bentuk tubuh yang mengganggu adalah hal yang normal, Mams. Lepaskan pikiran – pikiran yang yang mengganggu untuk menghindari stres yang berlebihan pada orang terdekat yakni pasangan Anda.

5. Fokus pada hasil akhir. Yes, Mamas. Pikirkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan Anda akan menimang seorang bayi mungil yang sehat jika Anda mulai menerima dan mencintai perubahan bentuk tubuh saat ini. Imagine the moment you finally see your child. Learn to love yourself for these 9 months and beyond, Mamas. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, Various)

Shares