Health

Kapan Waktu yang Tepat untuk Hamil Lagi?

By  | 

Mengandung buah hati selama kurang lebih 9 bulan, tentunya merupakan momen yang menakjubkan bagi setiap wanita. Namun, tak bisa dipungkiri, kehamilan juga merupakan ‘tugas’ berat bagi tubuh Anda. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk hamil kembali, ketahui terlebih dahulu, apakah tubuh Anda sudah siap?

“Anda harus yakin kalau tubuh Anda sudah sehat, dan bekerja sebagaimana mestinya sebelum Anda berencana hamil kembali. Kondisi tubuh yang sudah kembali sehat, akan memudahkan Anda selama menjalani kehamilan yang mudah dan sehat,” terang Anne Charlish, penulis buku The Complete Book of Natural Pregnancy and Childcare.

Lalu bagaimana untuk mengetahui apakah tubuh Anda sudah kembali sehat dan siap untuk hamil kembali? Berikut ini beberapa cara untuk mengetahuinya, dilansir dari motherandbaby UK.
  • Setelah melahirkan, tubuh butuh waktu untuk pulih. Menurut penelitian, tubuh membutuhkan waktu sekitar 18 bulan untuk kembali normal setelah melahirkan. Bayi dengan kehamilan yang dibuahi enam bulan atau kurang setelah Anda melahirkan bayi sebelumnya, berisiko tinggi lahir prematur atau memiliki berat badan rendah. “Untuk memulihkan kondisi tubuh, setidaknya tunggu minimal 1 tahun sebelum hamil lagi bila Anda melahirkan secara normal, dan 2 tahun bila Anda sebelumnya melahirkan secara caesar,” jelas Anne.
  • Tunggu hingga hormon kembali normal. Sama halnya dengan tubuh, hormon Anda juga membutuhkan waktu untuk kembali stabil setelah persalinan. “Sebagian mama kembali haid setelah sebulan persalinan. Sedangkan mama lainnya baru mendapat haid setelah 6 bulan atau bahkan lebih. Walau begitu, Anda tetap membutuhkan waktu hingga 1 tahun sampai hormon kembali normal,” urai Anne.
  • Pulihkan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Penelitian menunjukkan, mengganti protein daging dengan sayur-sayuran seperti kacang kedelai dan kacang polong dapat meningkatkan kesuburan. Pilih buah-buahan, sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu Anda untuk kembali ke berat badan sebelum hamil. Ini bukan hal yang mudah untuk dijalani, Mamas. Dan jangan langsung menyerah saat melihat selebriti yang dapat kembali kurus hanya dalam waktu 6 minggu! Perlu diingat, mereka memakai jasa nanny untuk membantu mengasuh buah hatinya saat mereka sedang berolah raga dengan personal trainer mereka. Dan mereka juga mendapatkan bantuan dari asisten rumah tangga untuk menyiapkan menu makanan sehat mereka.
  • Berat badan tak berlebih. Perlu Anda ketahui, kalau berat badan berlebih juga dapat memengaruhi kemungkinan untuk hamil lagi. Biasanya, calon mama akan mengalami banyak komplikasi kehamilan jika ia kelebihan berat badan.

Jadi, intinya Anda patut memberi waktu bagi tubuh Anda untuk pulih sepenuhnya. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih baik, secara fisik dan psikis, Mams. “Letih dan lelah yang dirasakan usai persalinan adalah dua faktor yang memengaruhi postnatal depression. Oleh karena itu, mulailah kehamilan di waktu yang tepat ya, Mamas. Sehingga Anda tidak akan menderita selama menjalaninya,” saran Anne. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Sensitif)

Shares