Mind

Inspirasi Nama Bayi dari Karakter Film Indonesia

By  | 

Mamas, jika Anda menyukai salah satu tokoh atau karakter dalam film, tak ada salahnya lho nama mereka dijadikan inspirasi untuk nama Si Kecil yang tengah Anda kandung. Selain unik dan memiliki arti tersendiri, biasanya terselip juga harapan agar Si Kecil memiliki rupa atau karakter yang mirip dengan Si Idola. Nah berikut inspirasi nama karakter dalam film Indonesia pilihan Smart Mama untuk Si Kecil.

Kugy-Perahu Kertas (2012)

Kugy merupakan nama pemeran utama dalam film drama yang sempat hits di tahun 2012, yakni Perahu Kertas. Tokoh yang diperankan oleh aktris Maudy Ayunda ini memiliki karakter yang cukup unik, tomboi, periang, dengan daya khayal yang cukup tinggi. Selain itu, ia juga memiliki pandangan hidup yang sangat filosofis. Dalam numerology sendiri, arti nama Kugy adalah individual, aktif, logis, serta berinisiatif tinggi. Dan Mams, nama ini dapat digunakan untuk bayi laki-laki maupun perempuan lho.

Rangga dan Cinta-Ada Apa Dengan Cinta (2002, 2016)

Nama dua tokoh dalam film fenomenal yang sekuelnya baru saja dirilis ini memang catchy, meaningful, juga sangat Indonesia. Arti nama cinta tentu saja sudah sangat harfiah, yakni kasih sayang, sedangkan nama Rangga dalam bahasa Jawa berarti perhiasan hidup atau gelar bangsawan. Dua tokoh dalam film Ada Apa dengan Cinta ini juga digambarkan sebagai karakter yang sangat menarik. Cinta adalah gadis populer yang ceria, perfeksionis, dan menyukai seni. Sementara karakter Rangga, meskipun cenderung dingin, namun ia adalah seorang yang peduli terhadap sesama juga penyayang.

Lintang-Laskar Pelangi (2008)

Film yang satu ini memang sangat inspiratif ya, Mams, selain mengajarkan kita tentang perjuangan anak-anak kurang mampu untuk mendapatkan pendidkan. Salah satu tokoh yang digambarkan sebagai anak jenius dan selalu ingin berlajar, serta memiliki cita-cita tinggi adalah Lintang. Sayangnya, ia harus berkorban untuk menghidupi keluarga sepeninggal ayahnya. Perjuangan dan pengorbanan Lintang memang layak dijadikan teladan dan inspirasi bagi anak-anak di Indonesia. Arti nama Lintang sendiri adalah bintang, sangat cocok dengan karakternya ya, Mams, bintang adalah cahaya kecil yang mampu memberikan penerangan dalam kegelapan. Nama ini juga dapat digunakan untuk kedua gender.

Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Senada dengan Laskar Pelangi, film yang satu ini juga bercerita tentang perjuangan Denias, anak pedalaman Papua untuk mendapatkan pendidikan. Dalam film ini digambarkan Denias adalah anak yang pantang menyerah serta memiliki cita-cita tinggi. Hingga saat ini belum ada arti yang pasti dari nama ini, namun lazim digunakan untuk anak laki-laki.

Luna-Heart (2006)

Karakter Luna yang diperankan oleh Acha Setriapsa dalam film Heart ini menggambarkan gadis yang lembut dan feminin, serta mudah membuat pria jatuh hati. Arti nama Luna sendiri dalam bahasa latin berarti bulan, dan nama Luna hanya digunakan untuk anak perempuan. Tak hanya di Indonesia, ternyata nama ini juga populer digunakan para mamas untuk nama bayi mereka di berbagai belahan dunia. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares