Style

Q&A: Yang Harus Dihindari Saat Membeli Pakaian Bayi

By  | 

Q: Hi Smart Mama saat ini saya tengah hamil 7 bulan. Saya dan suami mulai mencicil membeli pakaian dan perlengkapan bayi. Dalam membeli pakaian bayi, adakah hal-hal yang harus dihindari demi keamanan dan kenyamanannya? Terima kasih.

Vinta, 25 tahun, hamil 7 bulan.

A: Hai Mams Vinta, sebelumnya selamat atas kehamilan Anda. Tentunya sekarang merupakan saat yang menyenangkan bagi Anda dan suami ya? Nah, saat berburu perlengkapan bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pakaian yang dikenakan Si Kecil nyaman dan juga aman. Jadi, jangan hanya melihat model dan warnanya saja yang menggemaskan, tetapi perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Hindari membeli pakaian bayi dari bahan sintetis seperti nilon dan polyester, karena bahan tersebut sulit menyerap keringat. Akibatnya, bayi akan mudah berkeringat. Dan jika pori-pori kulitnya tersumbat, akan mudah memicu timbulnya biang keringat. Sebaiknya pilih bahan yang terbuat dari katun karena mudah menyerap keringat.
  • Jangan membeli  pakaian bayi dengan ukuran yang terlalu pas di badan. Model baju yang terlalu pas di bagian leher, ketiak, lengan, perut atau selangkangan, dapat membuatnya iritasi dan terluka. Tak hanya itu, baju yang sempit juga akan membuat bayi sulit bergerak.
  • Pakaian bayi yang berkancing besar di bagian belakang, atau kancing dari bahan logam juga patut dihindari. Karena, bayi yang belum bisa tengkurap, akan lebih sering tidur telentang, dan kancing baju terlalu besar di bagian belakang pakaiannya, dapat menyakiti tubuhnya. Jadi sebaiknya pilih baju dengan kancing di bagian depan. Selain karena mudah dikancingkan, kancing depan juga tidak melukai bayi.
  • Hindari model pakaian yang berkerah tebal dan kaku, karena dapat membuat kulit lehernya gatal-gatal. Ia juga akan mudah berkeringat dan memicu biang keringat. Anda bisa memakaikan dengan pakaian model ini saat udara dingin.
  • Jangan pula memilih pakaian dengan model  yang penuh kerutan (smock) di bagian dada. Karena, jika kerutannya tadi terlalu rapat atau sempit, dapat menekan bagian dada bayi dan membuatnya sesak napas. Namun bila kerutannya longgar, maka Anda bisa mengenakannya pada bayi.
  • Hindari juga membeli pakaian bayi dengan karet elastis di bagian pinggang, lengan, paha dan pergelangan tangan yang terlalu ketat. Tak hanya bisa meninggalkan bekas di kulit, juga dapat mengganggu aliran darah dan menimbulkan rasa sakit.
  • Saat bayi mulai senang bereksplorasi, maka hindari memakaikan bayi dengan pakaian yang memiliki banyak kancing, pita, mote dan payet. Bila payet, mote atau kancing tersebut lepas dan tercecer, maka bisa saja tertelan olehnya. (Tammy Febriani/YA/Photo: Various)

Shares