Interior Design

8 Ide Smart untuk Desain Rumah Mungil

By  | 

Saat ini lahan di perkotaan besar memang sudah menipis, belum lagi tenaga kerja asisten rumah tangga yang kian hari kian langka. Akhirnya, banyak keluarga memutuskan untuk tinggal di rumah minimalis yang mungil atau di apartemen. Agar hunian Anda tetap berfungsi dengan maksimal, serta terlihat rapi dan stulish, ikuti delapan ide cerdas berikut.

1. Tetap terang

image
Memiliki hunian mungil memang tricky, Anda harus mengusahakan agar tempat tinggal Anda tidak terkesan sempit. Nah, salah satu triknya adalah menggunakan warna terang baik untuk dinding, eternit, maupun furnitur. Hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas, sementara penggunaan warna gelap akan membuat ruang tampak sempit.
2. Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

image
Jima rumah Anda bertingkat, manfaatkan ruang bawah tangga untuk storage atau toilet mungil.
3. Layout Dapur yang Cerdas

image
Saat mendesain area dapur, yang harus Anda perhatikan adalah penempatan berbagai keperluan dapur. Mulai dari tempat kulkas, sink, kompor, hingga penyimpanan alat makan, serta bahan makanan. Layout yang tepat akan membantu Anda untuk meminimalisasi space namun fungsi dapur tetap maksimal.
4. Aplikasi Gaya Loft.

image
Minimnya ruang membuat Anda perlu memikirkan aplikasi gaya loft untuk beberapa area di dalam tempat tinggal. Misalnya menempatkan bunk bed di kamar Si Kecil dengan meja belajar di bawah tempat tidur.
5. Penyimpanan Dalam Kamar Mandi

image
Letakkan lemari atau rak untuk penyimpanan alat mandi seperti handuk atau persediaan toiletries. Selain lebih rapi, Anda juga tidak mengganggu area lain untuk penyimpanan keperluan mandi.
6. Perbanyak Jendela atau Bukaan

image
Hunian yang kecil membutuhkan banyak cahaya agat tidak terasa sempit dan gelap. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperbanyak sumber cahaya dengan jendela atau pintu geser berbahan dasar kaca di halaman belakang.
7. Tambahkan Cermin

image
Yang satu ini juga merupakan trik cerdas untuk membuat ruangan terlihat luas. Letakkan cermin di beberapa area rumah, misalnya di meja makan, serta di kamar tidur.
8. Get Creative!

image
Tempat tinggal yang mungil selalu membutuhkan tempat penyimpanan maksimal. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil, tentu membutuhkan tempat mainan dan buku yang cukup memakan space. Agar tetap rapi, gunakan kreativitas Anda untuk membuat penyimpanan yang praktis dan mudah untuk dirapikan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares