Interior Design

Trik Memilih Keramik untuk Kamar Mandi

By  | 

Banyak hal yang harus diperhatikan saat mendesain kamar mandi agar lebih nyaman dan juga aman. Dan salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan keramik. Selain untuk penutup lantai, keramik juga lazim digunakan sebagai penutup dinding pada kamar mandi. Keramik sendiri dipilih karena ketahanannya dalam menghadapi air dan kelembaban. Walau setiap keramik terlihat sama dan hanya coraknya saja yang berbeda, namun sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang harus jadi perhatian dalam memilih keramik, yaitu:

  1. Perhatikan bentuk dan ukuran. Saat memilih ubin keramik, porselen, atau bebatuan alam untuk kamar mandi, perhatikan bentuk dan ukurannya. Sebaiknya sesuaikan dengan ukuran kamar mandi Anda ya, Mamas.
  2. Jenisnya. Ubin yang terbuat dari batu alam, seperti marmer dan batu kapur bisa jadi pilihan untuk menutup dinding di bagian pancuran kamar mandi. Beberapa jenis batu tidak kuat jika harus digunakan di kamar mandi uap. Jadi,  Anda harus benar-benar memilih batu yang memang sangat kuat untuk kamar mandi uap Anda.
  3. Lapisan anti rembes. Pastikan pula kalau batu-batuan yang akan Anda gunakan sudah diberi lapisan yang membuatnya anti rembes.
  4. Tdak licin. Untuk faktor keamanan, pilih ubin yang tidak mengkilat. Dalam keadaan basah, keramik yang sangat mengkilat biasanya licin. Sebaiknya Anda juga mesti menghindari penggunaan batu kapur (limestone) berwarna gelap di area kamar mandi yang basah.
  5. Ubin berukuran besar untuk kamar mandi kecil. Banyak orang menghindari menggunakan keramik berukuran besar untuk kamar mandinya yang berukuran kecil. Padahal, penggunaan keramik berukuran besar di kamar mandi kecil secara visual mampu menciptakan efek ruang terlihat lebih luas lho, Mams.
  6. Menutup dinding sepenuhnya dengan ubin. Gaya ini lazim ditemukan di kamar mandi bergaya Eropa. Cara ini bisa memberikan tampilan elegan pada kamar mandi Anda. (Tammy Febriani/YA/Photo: Various)

Shares