Health

Yang Harus Diketahui tentang Due Date

By  | 

Mamas to be, saat cek rutin ke dokter tentu ia akan memberitahu Anda perkiraan tanggal lahir. Namun bukan berarti tanggal tersebut sudah fix menjadi tanggal kelahiran Anda lho. Oleh karena itu, yuk ketahui lebih lanjut seputar due date.

  • Hanya prediksi. Ingat Mams, tanggal yang diperkirakan oleh dokter bukan tanggal fix kelahiran Anda. Malahan beberapa mamas yang memiliki anak lebih dari satu mengatakan bahwa perkiraan tersebut kerap meleset. Namun tidak ada salahnya Anda mengetahuinya guna mempersiapkan diri. Pada umumnya, jika Anda menanti kelahiran pertama, jadwal persalinan lebih lama dari perkiraan. Bagi mamas yang menanti anak kedua maupun ketiga justru seringkali lebih awal dari perkiraan tanggal lahir.
  • Cara kalkulasi. Tentu mamas penasaran ya bagaimana sih cara dokter mendapatkan perkiraan tangga lahir. Biasanya dokter menghitung perkiraan lahir dari hari pertama menstruasi terakhir Anda kemudian ditambah dengan 280 hari (sama dengan 40 minggu). Contohnya jika hari pertama menstruasi Anda jatuh pada tanggal 1 September, maka perkiraan tanggal lahir Si Kecil akan jatuh pada tanggal 7 Juni di tahun berikutnya.
  • Sebagai tanda peringatan. Meskipun tanggal perkiraan lahir kerap meleset, namun sangat penting untuk diketahui sebagai alarm atau tanda peringatan. Jika kehamilan Anda telah melewati masa perkiraan due date, tetapi belum Anda tanda-tanda proses persalinan, ada baiknya Anda segera memeriksakan kandungan ya. Hal ini guna mencegah Si Kecil lahir terlambat yang nantinya menimbulkan masalah. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares